KETERLIBATAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MASA PANDEMI PADA SISWA SD NEGERI 02 PENGARASAN KECAMATAN BANTARKAWUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran bahasa Indonesia di masa pandemi pada siswa SD Negeri 02 Pengarasan Kecamatan Bantarkawung. Sumber data dalam pengambilan data menggunakan wawancara dan observasi dengan analisis data deskriptif. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kendala yang dirasakan orang tua dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi yang dilakukan secara daring, yaitu: 1) pengaruh pendidikan dan ekonomi orang tua terhadap penggunaan bahasa pertama anak dan (2) belum optimalnya kerjasama yang sinergis antara pihak sekolah dan orang tua dalam pembelajaran bahasa Indonesia anak di rumah, misalnya kunjungan guru ke rumah orang tua dan penyediaan bahan ajar yang optimal. Adapun upaya yang telah dilakukan orang tua dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia pada anak yaitu dengan pembinaan bahasa yang dilakukan orang tua kepada anaknya meliputi (1) pengembangkan kemampuan berbahasa melalui bercerita, (2) berkomunikasi secara aktif di dalam keluarga, (3) mengenalkan dan membiasakan penerapan kesantunan berbahasa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 4–6.
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Dina, L. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini., 2(1), 46-52.
Djumingin, S. (2015). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lesson Study. In Universitas Negeri Makasar.
Gusti, S., Nurmiati, & Nurmiala. (2020). Belajar Mandiri Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Irma, C. N., Nisa, K., & Sururiyah, S. K. (2019). Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di TK Masyithoh 1 Purworejo. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 214. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.152
Kurniah, N. (2017). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia: Pendidikan Bahasa Indonesia., 2(1), 39–46.
Lilawati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Mendukung Kegiatan Pembelajaran di Rumah pada Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.630
Mainizar, M. (2013). Peranan Orang Tua Dalam Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia 2-6 Tahun. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 12(1), 91. https://doi.org/10.24014/marwah.v12i1.516
Milman, N. B. (2015). Distance Education. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Nursyaidah. (2013). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif. Jurnah: Logaritma, I(01), 65–74.
Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal of Educational of Science, 02(02), 81–89.
Sumartini, S., & Johariyah, S. (2009). Pembelajaran bahasa indonesia yang nyaman dan menyenangkan dengan metode permainan bahasa. Al-Badiyah, 2(1), 207–230.
Zahra, T., Wardhani, Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Onli Ne Di Masa Pandemi Covid-19 Universitas Padjadjaran. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Mayarakat, 7(1), 48–59.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.9084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 CINTYA NURIKA IRMA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.