STRUKTUR TUTURAN ADU MULUT FARHAT ABAS DENGAN DEWI PERSIK DALAM ACARA HITAM PUTIH

Afiyah Nur Kayati

Abstract


Percakapan yang di dalamnya terdapat struktur percakapan bisa terjadi pada sejumlah pertemuan sosial dengan konteks yang berbeda-beda. Dalam interaksi sosial banyak terjadi salah paham yang menimbulkan perdebatan yang berakhir adu mulut antarorang yang berselisih paham. Kejadian tersebut terjadi hampir pada semua orang termasuk artis. Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis struktur tuturan adu mulut Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah rekaman percakapan antara Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih yang dianalisis dengan metode agih dan padan. Dalam penelitian tersebut dapat dilihat bahwa dalam adu mulut Farhat Abbas dengan Dewi Persik dalam acara Hitam Putih terdapat unsur struktur tuturan yaitu, giliran bicara; jeda, overlaps, backchannel; gaya bicara; pasangan ajasensi; dan struktur preferensi.


Keywords


Struktur tuturan, adu mulut, acara Hitam Putih

References


Liddicoat, Anthony J. 2007. An Introduction Conversation Analysis. London: Continuum.

Pridham, Francesca. 2001. Conversation Analysis: The Study of Talk-in-Interaction. Newbury Park: Sage Publication.

Rani, Abdul, dkk. 2004. Anaisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayumedia Publishing.

Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan Secara Linguistis. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Yule, George. 2006. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka pelajar.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Afiyah Nur Kayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: