SERAT CENTHINI DALAM MASYARAKAT JAWA (TINJAU RESEPSI SASTRA)

Rini Murwati

Abstract


Serai Centhani adalah ensiklopedi mengenai dunia dalam masyarakat Jawa yang komplit. Serat ini meliputi beragam macam. Hal dalam alam pikiran masyarakat Jawa, mulai dari persoalan agama, kebatinan, kekebalan, dunia keris, makanan dan minuman, adat istiadat, tata cara membangun rumah, pertanian, primbon, cerita-cerita kuna mengenai Tanah Jawa dan tentu saja Seksualitas. Dan mungkin juga cerminan pola piker, perilaku masyarakat Jawa mulai dari kalangan para bangsawan, priyayi sampai ke rakyat jelata. Semua ternagkum dalam 12 jilid yang terdiri dari 722 pupuh tembang. Dari sekian banyak pupuh hanya 16 pupuh, pada jilid 1 yang merupakan tembang perang. Serat Centhini, pada awalnya berjudul Suluk Tambangraras, berupa ensiklopedi Jawa yang sangat lengkap, mencakup seluruh aspek kehidupan dan mewakili pola piker kehidupan masyarakat Jawa. Serat Chenthini mendapatkan tempat yang sangat istimewa dan menjadi sebuah karya agung, yang tak lekang oleh jaman. Dengan begitu banyak versi, juga begitu banyak penelaahan, penyaduran membuat Serat Chentani semakin menempati tempat tertinggi sebagai sebuah hasil karya sastra.


Keywords


Serat Chentini, Mayarakat Jawa; Kebudayaan Jawa; Resepsi sastra

References


Harimurti, Wisnu. 2011. Mutiara-mutiara Terpendam dari Jawa: 12 Serat an Babad Warisan Orang Jawa. Yogyakarta: IN AzNa Books.

Inandiak D., Elizabeth. 2008. Centhini Kekasih Yang Tersembunyi. Yogyakarta: Babad Alas (Yayasan Lokapala).

Junus, Umar. 1985. Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Teew, A. 1983. Tergantung pada Kata. Jakarta: Pustaka Jaya.

Wirodono, Sunardian. 2011. Centhini Sebuah Novel Panjang: 40 Malam Mengintip Sang Pengantin. Yokyakarta: Diva Press.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Rini Murwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: