ANALISIS TUTURAN GURU DALAM INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR PADA KELAS V SMPN 7 MALANG

Nur Fitria Ardiyani

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk tuturan guru dalam pembelajaran di kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen peneliti, pedoman wawancara, dan panduan catatan lapangan peneliti mengklasifikasikan tindak tutur guru ke dalam 3 bagian yaitu tuturan mengawali pelajaran, menyampaikan pelajaran, dan mengakhiri pelajaran. Masing-masing dianalisi bentuk tindak tutur dan fungsi tuturannya. Hasil dari penelitian ini guru lebih banyak menggunakan tindak tutur asertif.


Keywords


tuturan; interaksi guru; belajar; mengajar

References


Alwasilah, Chaedar. 1985. sosiologiBahasa. Bandung:Angkasa.

Arifin,Bustanul.1996. Pengantar Analisis Wacana. Malang: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Anwar, Khaidir. 1984. Fungsi dan Peranan Bahasa. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Martutik. 1995. Analisis Wacana Interaktif. Malang. Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan IKIP Malang.

Moleong, Jlexy. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Saksomo, Dwi. 2001. Pragmatik. Malang: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Negeri Malang.

Suparno. 1994. Bahan Ajar Analisis Wacana. Tidak diterbitkan. Malang: IKIP Malang.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Nur Fitria Ardiyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: