MEMBANGUN KARAKTER MAHASISWA MELALUI KEGIATAN ANALISIS SASTRA POPULER REMEMBER WHEN “ KETIKA KAU DAN AKU JATUH CINTA” (KAJIAN MIMETIK) KARYA WINNA EFENDI

Ira Fatmawati

Abstract


Seiring dengan majunya zaman maka cara pengajaran karakter juga harus bisa menyesuaikan dengan tingkat kemajuan pengetahuan dan juga teknologinya. Salah satu hal yang harus selalu terbentuk dengan baik yaitu karakter mahasiswa. Karakter dapat terbentuk melalui kebiasaan dan lingkungan nya. Agar pengajaran karakter dapat terwujud  maka harus menggunakan cara yang juga sedang populer di kalangan mahasiswa, yaitu dengan membaca karya sastra populer. Karya sastra populer yang menjadi data penelitian ini yaitu novel yang berjudul “remember when ketika kau dan aku jatuh” karya Winna Efendi. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu teori sosiologi sastra (mimetik). Sedangkan  metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan karakter tokoh yang dapat di adopsi dalam kehidupan mahasiswa setelah membaca novel populer tersebut hasil analisis karakter tokoh pada penelitian ini yaitu hendaknya para remaja dapat hidup sederhana, tidak membenci masyarakat miskin, tidak melakukan hubungan yang diluar batas, mudah memaafkan, rajin belajar, mandir, hidup sehat, dan dapat menyelesaikan masalah secara baik tanpa putus asa. Dari hasil penelitian ini diharapkan mahasiswa bisa memanfaatkan kegemaran dalam membaca novel populer untuk membangun kepribadian secara berkala. Karena pada dasarnya karya sastra adalah cerminan dari kehidupan yang dapat mengubah kebiasaan masyarakat dengan cara memunculkan beragam karakter dari tokoh-tokohnya. Pemilihan sastra populer sebagaai sumber data ini dikarenakan bacaan tersebut memiliki jalan cerita yang sederhana dan bahasa nya mudah dipahami.

Keywords


Karakter; sastra populer; mimetik

References


Ahmadi, dkk. 2002. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Citra.

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.

Kresna. 1990. Teori dan Praktik. Bandung: Refika Aditama

Suharianto. 1982. Dasar-dasar Teori Sastra. Surakarta: Widya Putra.

Winna, efendi. 2016. Remember When "Ketika kau dan aku Jatuh Cinta". Jakarta: Gagas Media.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v3i1.7030

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ira Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: