IMPLEMENTASI AKSIOLOGIS DALAM BUKU SMA KELAS X PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
Abstract
ABSTRAK
Aksiologis merupakan cabang filsafat yang membahas teori-teori nilai dan berusaha mendeskripsikan mengenai kebaikan dan perilaku yang baik. Bagian dari aksiologi adalah etika dan estetika. Fokus pembahasan adalah bagaimanakah implementasi landasan aksiologis dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 di sekolah menengah atas. Dengan demikian, akan dapat diketahui bagaimanakah landasan aksiologis jika di sematkan di dalam buku ajar bahasa Indonesia untuk SMA kelas X. Kemudian, baik guru, pengembang dapat menyesuaikan kebutuhan pengimplementasian landasan aksiologis dalam kegiatan pembelajaran maupun mengembangkan bahan ajar terbaru yang lebih baik. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah isi buku pelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2014 untuk siswa SMA kelas 10 terbitan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. adanya implementasi landasan aksiologis yang berupa nilai-nilai moral dan etika perilaku manusia serta nilai estetika dalam penelitian ini dapat diketahui di dalam pengantar pelajaran, materi teks, gambar, kegiatan dan tugas-tugas, serta identifikasi hasil capaian atau tabel penilaian. Fokus nilai moral dan perilaku di dalamnya dimuat dan dikelompokkan ke dalam beberapa nilai yang umumnya dipakai dalam kurikulum berkarakter yakni kurikulum 2013. Selain itu, nilai estetika dan kesenian yang divisualisasikan ke bentuk tipografi, ilustrasi, dan tata letak di dalamnya berperan sebagai pendukung yang baik di dalamnya.
Kata Kunci: Implementasi, landasan aksiologis, bahan ajar, bahasa Indonesia
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Barnawi dan Arifin, M. 2012. Strategi dan kebijakan pembelajaran pendidikan karakter. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan akademik. Jakarta: kemendikbud.
Kemdiknas. 2010. Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat PSMP Kemdiknas.
Kurniawan, Syamsul. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara terpadu di lingkungan keluarga, sekolah, perguruan tinggi, dan masyarakat. Yogyakarta: Ar-Rus Media
Kristanto, M. 2014. pemanfaatan cerita rakyat sebagai penanaman etika untuk membentuk pendidikan karakter bangsa. Mimbar Sekolah Dasar (Universitas Pendidikan Indonesia), 1.1, (hal. 59-64). Publikasi Online: http://jurnal.upi.edu/mimbar-sekolah-dasar/ ~ 59 ~
Rukiyati dan Zuchdi. 2016. Buku Filsafat Ilmu. Yogyakarta: UNY Press
Syamsi, Kastam dkk. 2013. model pengembangan buku ajar membaca berdasarkan pendekatan harga bagi siswa smp. cakrawala pendidikan 2.1
Zaprulkhan. 2016. Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.6896
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Ridwan Ridwan, Abdul Rosid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.