PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO

Yanuar Bagas Arwansyah, Urip Muhayat Wiji Wahyudi

Abstract


Peningkatan kemampuan masyarakat dalam memahami informasi yang diterimanya menjadi salah satu sarana untuk mencegah masuk dan berkembangnya paham radikalisme di dalam masyarakat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran menulis cerita rakyat dengan aplikasi Baboo dalam meningkatkan kompetensi literasi antiradikalisme siswa sekolah dasar. Hasil dari uji ahli pertama dan ahli kedua dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penulisan cerita rakyat berlandaskan ideologi Pancasila dengan aplikasi Baboo mendapat nilai sangat baik. Ahli pertama yang mengamati tentang kelayakan penggunaan media memberi nilai 92 (sembian puluh dua), sementara ahli kedua yang mengamati tentang kelayakan materi cerita rakyat memberi nilai 90 (sembilan puluh). Bahan ajar kumpulan cerita rakyat juga terbukti mampu meningkatkan kompetensi literasi antiradikalisme ditunjukkan dari peningkatan nilai hasil dari pre-test dan post-test tentang antiradikalisme, yang mana nilai rata-rata pre-test yaitu 55 (lima puluh lima) dan nilai rata-rata post-test siswa 90 (sembilan puluh). Produk dari penelitian ini berupa buku kumpulan cerita rakyat berlandaskan ideologi Pancasila sebagai bahan ajar. Setelah dilakukannya uji oleh kedua ahli tersebut, selanjutnya dilakukan uji oleh praktisi yaitu dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), berdasarkan hasil FGD disimpulkan bahwa buku kumpulan cerita rakyat dan cerita rakyat online dalam aplikasi Baboo dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar di sekolah dasar. Produk akan diimplementasikan oleh guru dan mahasiswa PGSD Universitas PGRI Yogyakarta sebagai bahan ajar di sekolah dasar.


Keywords


literasi; antiradikalisme; aplikasi Baboo; Pancasila

References


Hutapea, E. 2019. Literasi Baca Indonesia Rendah, Akses Baca Diduga Jadi Penyebab ed. Yohanes Enggar Harususilo dalam https://edukasi.kompas. com/read/2019/06/23/07015701/literasi-baca-indonesia-rendah-akses-baca-diduga-jadi-penyebab diakses pada 12 Oktober 2019.

Kayati, A. N. 2019. Literasi dalam Teks Rekaman Percobaan Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Metalingua. Universitas Trunojoyo, Vol. 4, No. 1, hlm. 31-38.

Yunus, A. F. 2017. Radikalisme, Liberalisme dan Terorisme: Pengaruhnya terhadap Agama Islam. Jurnal Studi Al-Qur’an. Vol. 3, No. 1, hlm. 76-94.

Mubarok, I. W. & Pheni C. K. 2019. Efektifitas Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Android Nemo Bahasa Indonesia untuk Mahasiswa BIPA Tingkat Pemula Program Darmasiswa Universitas Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Metalingua. Universitas Trunojoyo, Vol. 4, No. 1, hlm. 19-24.

Utomo, A. A. 2017. Pengaruh Pemberian Penjelasan Guru terhadap Pemahaman Siswa pada Pelajaran Sejarah Siswa Kelas X IPS di SMA Negeri 1 Kalirejo Lampung Tengah Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Lampung. Skripsi tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i2.6134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yanuar Bagas Arwansyah, Urip Muhayat Wiji Wahyudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: