LITERASI DALAM TEKS REKAMAN PERCOBAAN SISWA KELAS IX SMP

Afiyah Nur Kayati

Abstract


Literasi merupakan kemampuan membaca kemudian berpikir dan selanjutnya diaktualisasikan dengan menulis. Literasi dalam teks rekaman percobaan siswa kelas IX SMP terdiri atas literasi sebagai praksis lingual dan literasi sebagai praksis kelogisan berikir. Literasi sebagai prakis lingual ditunjukkan dengan kelengkapan dan keruntuntutan struktur teks rekaman percobaan yang ditulis serta penggunaan istilah ilmiah dalam teks rekaman percobaan yang ditulis siswa. Sedangkan, literasi sebagai praksis berpikir ditunjukkan dengan model pengembangan paragraf definisi dan teknik berpikir sistematis yang tampak pada penulisan prosedur kerja.


Keywords


literasi; teks rekaman percobaan; praksis lingual; praksis kelogisan berpikir

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 1998. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Sodiq, Syamsul. 2010. Pengembangan Materi Pendidikan Kecakapan Hidup pada Buku Pelajaran Bahasa Indonesia dengan Model Literasi: Disertasi. Surabaya: Unesa.

Wahono, dkk. 2013. Mahir Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Erlangga.

Wiedarti, Pangesti, dkk. 2016. Desain Induk Gerakan Literasi di Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Afiyah Nur Kayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: