Keefektifan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa
Abstract
Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki oleh siswa. Menulis merupakan kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan. Dalam kegiatan menulis, siswa dituntut untuk terampil dalam memanfaatkan struktur bahasa dan kosa kata. Namun, kenyataannya siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis, terutama saat menuangkan gagasan atau ide yang dimiliki menjadi sebuah tulisan. Banyak faktor yang memengaruhi kesulitan siswa tersebut. Dalam hal ini, guru dituntut untuk mencari solusi agar siswa dapat meningkatkan keterampilan menulisnya. Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh seorang guru adalah dengan menggunakan metode-metode yang menarik agar siswa lebih semangat dan aktif dalam menulis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kefektifan penggunaan metode mind mapping terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Metode mind mapping atau peta konsep adalah pendekatan pembelajaran yang didasarkan pada kreativitas siswa dalam pencatatan untuk mengembangkan ide sekaligus menumbuhkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan menumbuhkan minat menulis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi literatur. Berbagai literatur yang berkaitan dengan penggunaan metode mind mapping dan keterampilan menulis dianalisisi secara mendalam. Dari hasil analisis berbagai studi literatur didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa metode mind mapping mampu meningkatakan keterampilan menulis siswa. Metode ini membantu siswa menuangkan ide yang mereka miliki ke dalam bentuk peta konsep yang menarik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Dwitha Evayanti, A. M., & Sumantri, M. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas IIIA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 42. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i1.10124
Ekasari, D. (2020). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi SIswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sindue Melalui Metode Mind Mapping. 5, 17–23.
Hawa Aulia, F., & Fatonah, K. (2024). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Pidato melalui Model Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas VI SDN Cengkareng Timur 15 Pagi Jakarta. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(1), 1–12. https://doi.org/10.33369/pgsd.17.1.1-12
Sinaga, W. M. B. B., & Firmansyah, A. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 10. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i4.492
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v10i1.29841
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Wahyu Niti Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.