Menyingkap Penggunaan Bahasa Ibu pada Anak Usia Dini Desa Kalibangkang Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen

Prissilia Prahesta Waningyun, Diana Awalussangadah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 93 bahasa Ibu yang dimiliki oleh Indonesia dan juga data UNESCO terkait 40% populasi dunia tidak menggunakan bahasa asli. Hal tersebut membuat penulis ingin menyingkap penggunaan bahasa ibu pada anak usia dini. Penelitian ini menjadi upaya untuk mengingatkan dan menginformasikan kepada orang tua bahwa bahasa Ibu mempunyai peran penting pada perkembangan kognitif pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data secara wawancara dan observasi digunakan untuk menyingkap penggunaan bahasa ibu pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan bahasa ibu pada anak usia dini sebagai data dan anak usia dini sebagai sumber data. Teknik pengambilan data yang digunakan dalan penelitian ini adalah teknik wawancara yang dilakukan kepada orang tua yang memiliki anak usia dini dan teknik observasi yang dilakukan kepada anak usia dini mulai dari usia 2-5 tahun.  Teknik probability dengan pendekatan simple random sampling digunakan dalam pengumpulan data penelitian, karena sample yang digunakan diambil secara acak. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles And Huberman karena dilakukan selama di lapangan sesuai dengan model Miles and Huberman. Teknik validitas data pada penelitian ini menggunakan Teknik Uji Deferendability (reabilitas) karena penelitian yang dapat dipercaya, dengan kata lain beberapa percobaan yang dilakukan akan mendapat hasil yang sama.   Adapun hasil dari penelitian ini yaitu penggunaan bahasa pada usia dini disebabkan oleh pernikahan antar suku, peran anggota inti, dan lingkungan keluarga menyebabkan berkurangnya penggunaan bahasa ibu pada anak usia dini. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa ibu pada anak usia dini saat ini sangan minim dan hampir punah, peneliti berharap dengan adanya penelitian ini dapat mengingatkan kembali bahwa ada bahasa ibu yang perlu orang tua dikenalkan kepada anak dan perlu dilestarikan selain bahasa Indonesia

            Kata kunci: penggunaan bahasa, bahasa ibu, anak usia dini


Keywords


Penggunaan Bahasa, Bahasa Ibu, Anak Usia Dini

References


Adiarti, 2012. Buku Ajar Perkembangan Anak Usia Dini 2. Semarang:Universitas Negeri Semarang

Ali, M. 2017. Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Governance

Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta).

Indonesia. Malang: UB Press.

Pradita, E. L., Dewi, A. K., Tsuraya, N. N., & Fauziah, M. (2024). Peran orang tua dalam pengembangan bahasa anak usia dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1238-1248.

Safitri. 2022. Pemerolehan bahasa pertama sebagai dasar pembelajaran bahasa kedua. Diakses link. https://www.smpbhinnekatunggalika.sch.id/berita/detail/158743/pemerolehan-

Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 247/sipers/A6/VI/2024. Diakses link. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/06/badan-bahasa-targetkan-200000-lema-pada-kamus-besar-bahasa-indonesia-kbbi-tahun-2024#:~:text=Tahun%202021%20sebanyak%205%20bahasa,biasa%20khususnya%20bagi%20Badan%20Bahasa.

Simatupang, Y. J., Harun, M., & Ramli, R. (2021). Kontribusi sastra anak bagi perkembangan nilai personal anak dalam buku cerita anak Indonesia. Master Bahasa, 9(2), 546-552.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, Alfabeta,Bandung

UNESCO, februari 21, 2024. Diakses link. https://www.refoindonesia.com/bahasa-ibu-sebagai-jati-diri-bangsa/

UNICEF, Diakses link. https://www.unicef.org/india/stories/why-mother-tongue-education-holds-key-unlocking-every-childs-potential

Yani, T. A., Irma, C. N. (2021) Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi Pada Siswa SD Negeri 02 Pengarasan Kecamatan Bantarkawung. Metalingua Trunojoyo Madura, Vol. 6, No 1.

Pratama, R. M, 2023, Interferensi Morfologi Bahasa Melayu Terhadap Bahasa Indonesia Dalam Film Sambas Tullah. Metalingua Trunajaya Madura, Vol 8, No 1.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v10i1.28717

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Prissilia Prahesta Waningyun, Diana Awalussangadah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: