Modalitas dalam Teks Pidato Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional Periode 2020-2022 Perspektif Halliday
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan modalitas Menteri Pendidikan Nadiem Makarim pada pidato Hari Guru Nasional Periode 2020-2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa kata dan frasa yang merepresentasikan modalitas yang terdapat dalam pidato Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional Periode 2020-2022 dengan berfokus pada perspektif Halliday. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks Pidato Nadiem Makarim pada Hari Guru Nasional Periode 2020-2022 yang diterbitkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan teknik catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Linguistik Sistemik Fungsional Model Halliday melalui pengategorian modalitas dalam dua bentuk yaitu modalitas modalisasi dan modalitas modulasi yang terbagi dalam tiga tingkat, yaitu tinggi, menengah dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modalitas yang digunakan oleh Nadiem Makarim didominasi oleh penggunaan modalitas dalam bentuk modalisasi tingkat tinggi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aisyah, S. N. (2019). Modalitas Bahasa Indonesia dalam talk show Mata Najwa. BELAJAR BAHASA: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 231-240.
Amrullah, F., Yassi, A. H., & Gusnawaty, G. (2020). Modalitas Dalam Teks Berita Hoaks: Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Jurnal Ilmu Budaya, 8(1), 37-45.
Bakhti, K. Y., & Zewitra, Z. (2021). Interpersonal Function on Tour Commentaries: A Modality Study. Wanastra: Jurnal Bahasa dan Sastra, 13(2), 124-130.
Charmilasari, C. (2019). Modalitas pada Wacana Kelas : Kajian Linguistik Sistemik Fungsional. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 4(2), 138-156.
Halliday, M.A.K. (1994). An Introduction to functional grammar (2nd Ed.). London: Edward Arnold.
Halliday, M.A.K. (2004). The language of science. London: Continuum.
Hayati, R., & Panuntun, I. A. Modalitas Tuturan Mahasiswa dalam Presentasi.
Karsana, D. (2015). Mengurai dilema modalitas dalam bahasa Kaili (parse dilemma modality in Kaili Language). Salingka, 12(02), 175-182.
Kurniasih, Ulfa. (2019). Perubahan Penggunaan Modalitas Intensional dalam Bahasa Melayu dan Bahasa Indonesia. Jurnal Disastra, 1(1), 53-59.
Liswahyuningsih, N. L. G., & Sudarti, N. W. (2021). Kajian Linguistik Fungsional pada Bahasa Media dalam Era Literasi Digital. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, dan Sastra, 1(1), 46-51.
Mariyadi, M., Madeten, S. S., & Seli, S. Modalitas dalam Film Komedi Kembang Polaria II Suatu Kajian Linguistik Fungsional Sistemik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(6).
Nabila, F. S., Wahyuni, S., Putri, T. L., & Kintansari, T. D. Analisis Modalitas Pada Cerpen Isshunboushi.
Nirmala, N. S., & Haeri, Z. (2021). Modalitas Teks UUD Omnibus Law RUU Cipta Kerja Suatu Kajian Linguistik Fungsional Sistemik. Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, 6(2), 129-135.
Osno, Medri. (2019). Kajian Modalitas dalam MoU Helsinki Nota Kesepahaman Damai antara NKRI dan GAM. Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 253-272.
Salam, H. B., & Herdiana, B. (2021). Analisis Struktur dan Modalitas pada Wacana Khotbah Kh. Sanusi Baco LC. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 7(2), 789-796.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i2.25842
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mahmudah Mahmudah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.