Pengolahan dan Penyajian Informasi dalam Paragraf Teks Eksposisi Hasil Alih Wahana

Susiati Susiati, Yuni Pratiwi

Abstract


Teknik alih wahana merupakan salah satu teknik belajar yang diterapkan sesuai dengan capaian pembelajaran pada Kurikulum Merdeka mata pelajaran Bahasa Indonesia, yaitu mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif dan menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun media digital. Kegiatan pengalihwahanaan dilaksanakan dengan mendeskripsikan objek dari media visual dalam bentuk teks deskripsi kemudian dialihwahanakan menjadi teks eksposisi dan dipublikasikan pada akun blogspot siswa. SMKN 3 Malang merupakan salah satu sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka dalam kegiatan pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengolahan isi informasi dan pola penyajian informasi dalam paragraf teks eksposisi alih wahana karya siswa kelas X jurusan perhotelan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik studi dokumen. Metode penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi dan catat. Sumber data penelitian ini berupa dokumen hasil alih wahana karya siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan pengolahan dan penyajian informasi dalam paragraf teks eksposisi hasil alih wahana karya siswa mencakup 1) pengolahan isi informasi berupa penambahan, pengurangan, dan perubahan dengan variasi, dan 2) pola penyajian informasi meliputi umum-khusus, khusus-umum, ilustrasi, dan perbandingan. Pengolahan informasi yang berubah dalam teks alih wahana terjadi karena penyesuaian tujuan penulisan untuk memberikan informasi atau mempengaruhi pembaca.

Keywords


pengolahan teks; penyajian teks; alih wahana; paragraf; teks eksposisi

References


Ardiansyah, N., Chanafiah, Y., & Canrhas, A. 2020. Alih Wahana Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono ke Film HBJ Karya Reni Nurcahyo Hestu Saputra Kajian Ekranisasi. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(3): 333–338.

Fadli, M. R. 2021. Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, 21(1): 33–54.

Fridayanti, A. A. 2021. Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab-Indonesia Menggunakan Media Audio Visual Channel Youtube di MTs NU Mranggen. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(1): 78–88.

Harahap, A. A., & Amir, A. 2023. Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Eksposisi Karya Siswa Kelas X SMA Pertiwi 1 Padang. ANWARUL, 3(1):128–142.

Haryanto, M., Pristiwati, R., & Subyantoro, S. 2022. Menjawab Fenomena Rabun Sastra Melalui Proyek Alih Wahana Pada Era Merdeka Belajar. Alayasastra, 18(1): 15–28.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.

Novelti. 2022. Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Media Gambar dan Youtube. Yogyakarta: Deepublish.

Oktavia, F. T. A., & Qudsiyah, K. 2023. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Matematika di SMK Negeri 2 Pacitan. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1): 14–23.

Pratama, F. Y., Pratiwi, Y., & Andajani, K. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Eksposisi Bermuatan Cinta Lingkungan Dengan Strategi Pemodelan Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3): 448– 462.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4): 6313–6319.

Sartono. 2016. Pemanfaatan Blog Sebagai Media Pembelajaran Alternatif di Sekolah. Transformatika, 12(1): 120–134.

Sahar, N., Tangade, P., Priyadarshi, S., Singh, V. Hasan, M., & Vasundhara. 2022. Assessment of Social Media Usage in Dental Education of Students of Teerthanker Mahaveer University, Moradabad. Journal of Oral Health and Community Dentistry, 15(3): 112–116.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, S., Wardani, N. E., Zulianto, S., Ulya, C., & Setiyoningsih, T. 2021. Kompetensi Menulis Cerita Pendek Siswa MAN 1 Karanganyar Bertema Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Proses. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2): 73–80.

Yarmi, G. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Kreatif Siswa melalui Pendekatan Whole Language dengan Teknik Menulis Jurnal. Perspektif Ilmu Pendidikan, 8(1): 8–16.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v9i1.24148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Susiati Susiati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: