PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI TOKOH KEMADURAAN UNTUK SISWA SMK KELAS XII DI PULAU MADURA

Albitar Septian Syarifudin, Arief Setyawan

Abstract


Pendidikan karakter menjadi salah satu upaya Bangsa Indonesia dalam meningkatkan sikap peserta didik. melalui pendidikan karakter diharapkan akan tercipta lulusan yang terampil dan memiliki sikap serta etika yang tinggi. Hal ini menjadikan pendidikan karakter sebagai bagian wajib dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Pada artikel ini, pengimplementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran akan diwujutkan melalui perencanaan buku ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII SMK. Selain itu, tokoh yang dimunculkan juga merupakan tokoh berlatar belakang Madura dengan harapan dapat memberikan inspirasi pada siswa SMK kelas XII agar selalu gigih dan bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Hal ini karena siswa SMK memang diciptakan sebagai lulusan yang terampil yang siap bekerja, sehingga dalam pembelajaran harus diimbangi dengan penanaman karakter yang penuh kerja keras serta kegigihan dalam berusaha. Karakter inilah yang kebanyakan ditemukan pada karakter orang Madura yang diwakili dengan tokoh Madura dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XII.

Keywords


pendidikan karakter, literasi, tokoh kemaduraan, siswa SMK

References


Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung:Refika Aditama.

Arsjad, Maidar dan U.S, Mukti. 1988. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Basri, Hasan.2013. Landasan Pendidikan. Bnadung: Pustaka Setia

Brindley,G. 1984. Need Analysis and Objective Setting in the Adult Migrant Education Program. Sydney: N.S.W Adult Migrant Education Service.

Dawud. 1991. Linguistik Umum Buku Penunjang Perkuliahan. Malang: Tidak diterbitkan.

Halliday, M.A.K. dan Ruqaiya Hasan. 1985. Language, context, and text: aspects of language in a social-semiotic perspective. Oxford: Oxford University Press.

Harsiati, Tititk.2011. Penilaian Dalam Pembelajaran. Malang: UM Press.

Priyatni, Endah Tri.1993. Analisis Kebutuhan Komunikasi Siswa dalam Belajar Bahasa.Bahasa dan Seni. 21 (2) : 64— 71.

Syafi’I, Imam.2011. Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Malang: UM Press.

Syarifuin,Albitar. 2015. ANALISIS TEKS DALAM BUKU BAHASA INDONESIA KELAS X

DITINJAU DARI KEBUTUHAN KOMUNIKATIF SISWA SMK. Malang: Tesis tidak diterbitkan.

Wijayanti, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i2.16759

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Albitar Septian Syarifudin, Arief Setyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: