ANALISIS PSIKOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL HATI SUHITA KARYA KHILMA ANIS

Prissilia Prahesta Waningyun, Siti Fadilatul Aqilah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) unsur pembangun novel; (2) gejolak jiwa tokoh utama; dan (3) nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Hati Suhita karya Khilma Anis.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi sastra. Sumber data diperoleh dari dokumen dan informan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Teknik pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan analisis data interaktif. Validitas data menggunakan tiangulasi teori.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh 3 kesimpulan. Pertama unsur pembangun novel yakni unsur intrinsik dan ekstrinsik. Unsur intrinsik meliputi; (a) tema mayor tentang perjuangan hidup seorang wanita, tema minor antara lain, masalah perjodohan, masalah harga diri, masalah percintaan; (b) tokoh dan penokohan, tokoh utama yaitu Alina (baik, cerdas, santun, tabah, sabar perhatian dan penyayang), dan Gus Birru (baik, loyal dan perhatian), tokoh tambahan yaitu Rengganis (baik, cerdas supel dan juga tegar), Kang Dharma (baik,perhatian), Aruna (baik, loyal, humoris), Ummik (baik, lembut, penyayang, Abah (tegas, baik), Mbah Kakung (baik, tenang, penuh wibawa dan bijaksana), Mbah Putri (baik hati, perhatian dan penyayang), Arya (baik hati, perhatian serta bijaksana); (c) latar: latar meliputi, latar tempat, waktu, suasana dan sosial; (d) alur: campuran; (e) sudut pandang: campuran; (f) amanat dalam novel ini adalah mikul duwur mendem jeru yang artinya selalu menutupi kekurangan dan menunjukkan kelebihan. Unsur ekstrinsik meliputi; (a) biografi pengarang; (b) latar belakang penciptaan; (c) keadaan sosial budaya; (d) keadaan psikologis. Kedua gejolak jiwa tokoh utama tinjauan psikologi sastra berdasarkan teori Sighmund Freud yakni id, ego dan superego. Ketiga nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel adalah (1) nilai religius; (2) nilai jujur; (3) nilai jujur; (4) nilai disiplin; (5) kerja keras; (6) nilai kreatif; (7) nilai mandiri; (8) nilai rasa ingin tahu; (9) menghargai prestasi; (10) nilai bersahabat/komunikatif; (11) cinta damai; (12) gemar membaca; (13) peduli sosial; (14) tanggung jawab.


Keywords


Hati Suhita, unsur pembangun, gejolak jiwa, nilai pendidikan karakter.

References


Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Diva Press.

Anis, Khilma. (2019). Hati Suhita. Yogyakarta: Telaga Aksara Ft Mazaya Media.

Faruk. 2012. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Ombak

Gunawan, Imam. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Indayani. (2015). Kajian Psikologi Sastra Aspek Kepribadian Tokoh Lasi Novel Berkisar Merah Karya Ahmad Tohari dan Skenario pembelajarannya di Kelas XI SMA. Purworejo: Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Istrasari, Santi. (2009). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Permaianan Bulan Desember. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kartika, Diana Ayu. (2008). Konflik Batin Tokoh Utama dalam Novel Nayla Karya Djenar Maesa Ayu: Tinjauan Psikologi Sastra. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kusumaningrum, Karnia Septia. (2009). Aspek Kepribadian Tokoh Lintang dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata: Pendekatan Psikologi Sastra. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Koesoema, Doni. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: PT Kanisius.

Lickona, Thomas. (2013). Charakter Matter. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Mahmud. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Maliki, Zainuddin. (2008). Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Minderop, Albertine. (2018). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor.

Mujiyanto, Yant & Amir Fuady. (2007). Sejarah Sastra Indonesia. Surakarta: UNS Press.

Narbuko, Cholid & Abu Achmadi. (2016). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhayati. (2012). Apresiasi Prosa Fiksi. Surakarta: Cakrawala Media.

Nurhayati, Hevi. (2008). Aspek Kepribaian Tokoh Utama dalam Novel Midah, Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer: Tinjaun Psikologi Sastra. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rahmawati, Fajar. (2009). Identifikasi Unsur Intrinsik Karya Sastra. Yogyakarta: PT Cita Aji Parama.

Pertiwi, Indah. (2017). Analisis Psikologi Sastra Tokoh Utama Novel Gelisah Camar Terbang Karya Gol A Gong dan rencana Pelaksanaan Pembelajarannya di SMA. Purworejo: Universiatas Muhammadiyah Purworejo.

Poerwadharminta. (2007). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ratna, Nyoman Kutha. (2015). Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rohmadi, Muhammad. (2014). Belajar Bahasa Indonesia. Surakarta: Cakrawala Media.

Safitri, Ami. (2014). Analisis Psikologi Sastra pada Novel Amrike Kembang Kopi Karya Sunaryata Soemardjo. Dalam penelitian ini mendeskripsikan aspek struktural novel Amrike Kembang Kopi karya Sunaryata Soemarjdo. Purworejo: Universitas Muhmmadiyah Purworejo.

Siswoyo, Dwi. dkk. (2007). Ilmu Pendidikan.Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Syuropati, Mohammad & Agustina Soebachman. (2012). 7 Teori Sastra Kontemporer & 17 Tokohnya. Yogyakarta: In Azna Book.

Teww, A. (2015). Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: Pustaka Jaya.

Thobroni, M. (2009). Asiknya Prosa Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Utami, Winanti Sekar. (2016). Kajian Psikologi Sastra dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Suti Karya Sapardi Djiko Damono serta Relevansinya sebagai Materi Pembelajaran Sastra di SMA. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari, Tri. (2011). Aspek Motivasi Novel Mereguk Cinta dari Surga Karya Abdulkarim Khiaratullah Tinjauan Psikologi sastra. Surakarta: Universiatas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14907

Refbacks



Copyright (c) 2022 Prissilia Prahesta Waningyun, Siti Fadilatul Aqilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: