PEMBELAJARAN SASTRA ANAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami pembelajaran sastra anak dalam membentuk karakter anak di sekolah dasar. Pembelajaran sastra anak di sekolah dasar memegang peranan penting dalam membentuk karakter anak. Walaupun untuk menghibur, tetap saja sastra anak bersifat mendidik. Sikap dan prilaku anak dapat dibentuk dengan pembelajaran sastra yang tepat dan sesuai. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Data diperoleh dari berbagai sumber kepustakaan, berupa buku teks, artikel ilmiah, dan sumber-sumber dari google scholar, digital library, dan lainnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menelaah sumber bacaan yang ada hubungannya dengan kajian yang dibahas, yaitu pembelajaran sastra anak dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Hasil penelitian diketahui bahwa dalam pembelajaran sastra anak untuk membentuk karakter, guru harus dapat memahami subjek belajar, bahan ajar, dan juga startegi belajar. Dengan pembelajaran sastra, anak di sekolah dasar akan memahami mengenai baik buruk, benar salah, pantas dan tidak pantas melalui pendidikan karakter yang tertuang di dalamnya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, Kasina; Ika Lestari. 2010. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PERKEMBANGAN ANAK USIA SD SEBAGAI SARANA BELAJAR MANDIRI MAHASISWA Kasina Ahmad Ika Lestari.” Perspektif Ilmu Pendidikan 22(8): 183–93.
Arsanti, Meilan. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi Pbsi, Fkip, Unissula.” KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 1(2): 71–90.
Asriani, Pity, Cholis Sa’dijah, and Sa’dun Akbar. 2017. “Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter Untuk.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 2(11): 1456–68.
Barnawi & Arifin. 2012. Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ferdiawan, Erick, and Wira Eka Putra. 2013. “Esq Education for Children Character Building Based on Phylosophy of Javaness in Indonesia.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 106: 1096–1102.
Ikhwan, Wahid Khoirul. 2013. “Upaya Menumbuhkan Karakter Anak Dalam Pembelajaran Sastra Anak Dengan Model Play-Learning Dan Performance-Art Learning Di SDN Banyuajuh 4.” Widyagogik 1(1): 70–84.
Lickona, Thomas. 1991. Educating Fo Character. Ney York: Bantams Book.
Morse, Ainsley. 2018. “BETWEEN SUMMER AND WINTER : LATE SOVIET CHILDREN ’ S LITERATUR E AND UNOFFICIAL POETRY.” Russian Literature 96–98: 105–35. https://doi.org/10.1016/j.ruslit.2018.05.005.
Nurgiyantoro, Burhan. 2021. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Panglipur, Purbarani Jatining, and Eka Listiyaningsih. 2017. “Sastra Anak Sebagai Sarana Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Untuk Menumbuhkan Berbagai Karakter Di Era Global.” Jurnal UNEJ: 687–96.
Pannen, Paulina & Purwanto. 1995. Penulisan Bahan Ajar. Dalam Mengajar Di Perguruan Tinggi Bagian Empat. Jakarta: PAU-PPAI, Universitas Terbuka.
Ridwan, M. 2016. “Ajaran Moral Dan Karakter Dalam Fabel Kisah Dari Negeri Dongeng Karya Mulasih Tary (Kajian Sastra Anak Sebagai Bahan Ajar Di Sekolah Dasar).” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran 6(01): 95–109.
Rokhman, Fathur. 2010. “The Development of the Indonesian Teaching Material Based on Multicural Context by Using Sociolinguistic Approach at Junior High School.” 9: 1481–88. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.353.
Sarumpaet, Riris K. Toha. 2017. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Silanoi, Ladda. 2012. “The Development of Teaching Pattern for Promoting the Building up of Character Education Based on Sufficiency Economy Philosophy in Thailand.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 69(Iceepsy): 1812–16. http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.12.131.
Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syarifudin, Muhamad & Nursalim. 2019. “Strategi Pengajaran Sastra.” Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2): 1–8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1540.
Tyra, Courtney. 2012. “Bringing Books to Life: Teaching Character Education through Children’s Literature.” Rising Tide 5: 1–13. https://tccl.arcc.albany.edu/knilt/images/f/fe/Tyra.pdf.
Udasmoro, Wening, Dina Dyah Kusumayanti, and Niken Herminningsih. 2012. Sastra Anak Dan Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Budaya UGM.
Widayai, Sri dan Imron Wakhid Haaris. 2020. Penulisan Naskah Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jakad Media Publishing.
Winarni, Retno. 2014. Kajian Sastra Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zed, Mestika. 2008. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i2.12561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Hafizah Hafizah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.