PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENYUNTINGAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Reni Oktaviani, N. Lia Marliana

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran project based learning pada mata kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (research and development). Tahapan dalam penelitian ini, yaitu: pertama, melakukan analisis kebutuhan mahasiswa dalam model pembelajaran berbasis TIK yang relevan pada mata kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia. Kedua, mengintegrasi model pembelajaran berbasis TIK dengan RPS pada mata kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia. Ketiga, menjelaskan proses pengembangan model pembelajaran project based learning berbasis TIK pada mata kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia. Hasil pengolahan data pengembangan model pembelajaran project based learning pada mata kuliah penyuntingan bahasa indonesia berbasis TIK pada prates rata-ratanya 68,67, sedangkan post test diperoleh nilai rata-rata 85,09. Hasil tersebut naik sebesar 16,67. Berdasarkan hal tersebut, pengembangan model pembelajaran project based learning pada mata kuliah Penyuntingan Bahasa Indonesia berbasis TIK pada mahasiswa tingkat IV Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memperoleh hasil yang efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran.

Kata kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning, Penyuntingan Bahasa Indonesia, TIK

 

Abstract

This study aims to develop a project-based learning model in the Information and Communication Technology (ICT)-based Indonesian Editing course. This study uses research and development. The stages in this research are: first, analyzing student needs in an ICT-based learning model that is relevant to the Indonesian Language Editing course. Second, integrating the ICT-based learning model with RPS in the Indonesian Language Editing course. Third, explain the process of developing an ICT-based project-based learning model in the Indonesian Language Editing course. The results of data processing for the development of a project-based learning model in the ICT-based Indonesian language editing course at the pre-test average were 68.67, while the post-test had an average score of 85.09. This result increased by 16.67. Based on this, the development of a project-based learning learning model in the ICT-based Indonesian Language Editing course for level IV students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program obtained effective results to be applied in learning.

Keywords: Project-Based Learning Model, Indonesian Language Editing, ICT

References


Amil, A. J., Setyawan, A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Membaca Berbasis Android Pokok Pembahasan Legenda Desa-Desa Di Madura Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas Vii Smp Negeri Se-Kabupaten Bangkalan. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 83–86. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i2.8628

Annafi, N., & Agustina, S. (2018). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PBL ) BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMPERSIAPKAN CALON PENDIDIK YANG BERBUDAYA Development of Learning Model Project Based Learning ( PBL ) Based on Local Wisdom to Prepare Cultured Educator Candid. 9(1), 1–10.

Arta, G., Putra, S., Artawan, G., & Wirahyuni, K. (2018). ANALISIS GAYA BAHASA PADA BERITA SENI BUDAYA DALAM SURAT KABAR BALI POST EDISI MEI 2018. 4743(May), 28–36.

Arwansyah, Y. B., & Urip Muhayat Wiji Wahyudi. (2019). PENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI ANTIRADIKALISME MELALUI PENULISAN CERITA RAKYAT DENGAN APLIKASI BABOO. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 77–82.

Diyah Nurul Qotimah, H. N. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN MENENTUKAN STRUKTUR TEKS NEGOSIASI. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 77–82.

Koesnandar, A. (2020). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI ( TIK ) SESUAI The Development of ICT-Based Innovative Learning Models of K13. 08(01), 33–61.

Kurniawan, P. Y. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 37–42.

Lestari, N. M. C. P., Sutama, I. M., & Utama, I. D. G. B. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Bagi Pebelajar Bipa Pemula Di Undiksha. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1), 86–95. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i1.20535

Muslim, U., Al, N., & Medan, W. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA. 5(1), 74–85. https://doi.org/10.24235/ileal.v5i1.5033

Nuryanti, M., Arfiyanti, R., & Muliawati, H. (2016). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN. 2013, 53–66.

Putra, I. N. T., Sutresna, I. B., & Darmayanti, I. A. M. (2019). Pemanfaatan Teknik Kata Kunci Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X Mipa 5 Sma N 1 Payangan I. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(2), 235–247. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v8i2.20617

Smith, H. (2020). The Writing Experiment: Strategies for Innovative Creative Writing. Allen & Unwin.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Umar, I. N., & Jamiat, N. (2011). Pola penyelidikan ICT dalam pendidikan guru di Malaysia: analisis prosiding teknologi pendidikan Malaysia. The Asia Pacific Journal of Educators and Education (Formerly Known as Journal of Educators and Education), 26(1), 1–14.

Wajdi, F. (2017). Implementasi Project Based Learning (Pbl) Dan Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Drama Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 17(1), 86. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v17i1.6960

Yani, T. A., & Irma, C. N. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Masa Pandemi Pada Siswa Sd Negeri 02 Pengarasan Kecamatan Bantarkawung. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 11–18. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.9084




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.11771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Reni Oktaviani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: