PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Prasetyo Yuli Kurniawan

Abstract


Tujuan penelitian yaitu mendeskripsi kebutuhan berdasarkan persepsi dosen dan mahasiswa tentang pengembangan bahan dan mengidentifikasi uji validasi bahan ajar. Metode penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian ini mengadaptasi dari Borg and Gall yang dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu tahap awal pengembangan, tahap pengembangan, dan tahap uji. Prosedur pengumpulan data pada tahap awal pengembangan menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan pengumpulan data pada tahap uji menggunakan teknik angket dan teknik tes. Teknik angket digunakan untuk menilai bahan ajar interaktif oleh validator. Teknik analisis data terdiri atas tiga bagian yaitu pertama, teknik analisis kebutuhan bahan ajar yang diperoleh dari hasil angket kebutuhan mahasiswa dan dosen dianalisis dengan mengelompokkan, menyelesi, dan menyimpulkan data dari hasil pengisian angket kebutuhan. Kedua, teknik analisis data uji validasi dianalisis dalam skor hasil validasi dari rentang 10 – 100 dan penyimpulan kategori berupa baik, cukup, atau kurang. Hasil penelitian tentang analisis kebutuhan pengembangan bahan ajar berdasarkan persepsi dosen dan mahasiswa sudah memenuhi kebutuhan dengan prosentasi terbesar. Kemudian draf bahan ajar sudah disesuaikan dengan kebutuhan persepsi dosen dan mahasiswa. Berdasarkan uji validasi menerangkan bahwa bahan ajar interaktif memeroleh skor 81 (kategori baik)




DOI: https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10560

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Prasetyo Yuli Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by: