Pemodelan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur Dengan Pendekatan Ekonometrika Panel Spasial

Teguh Hadi Priyono, Moh. Zainul Alam, Siswoyo Hari Santoso

Abstract


Adanya proses pembangunan di suatu wilayah menunjukkan bahwa wilayah tersebut berupaya untuk mencapai kesejahteraan masyarakatnya, indikator untuk melihat keberhasilan pembangunan suatu wilayah dapat dilihat dari laju pertumbuhan ekonominya. Adanya keterkaitan (dependensi) spasial yang saling berkaitan dapat mempengaruhi pertumbuhan ekonomi wilayah satu dengan wilayah disekitarnya, sehingga diperlukan pendekatan ekonometrika spasial yang dapat digunakan dalam analisis pemodelan pertumbuhan ekonomi antar wilayah yang berdekatan. Model spasial yang digunakan yaitu Langgrange Multiplier (LM) yang terdiri dari Spatial Autoregresive Model (SAR) dan Spatial Error Model (SEM) dengan menggunakan aplikasi Open Geoda. Pembobot spasial menggunakan Rook contiguity (persinggungan sisi). Hasil pengujian efek spasial menunjukkan model SAR yang digunakan dalam pemodelan pertumbuhan ekonomi kabupaten/kota di Jawa Timur. Analisis dari uji model terbaik juga menunjukkan bahwa model SAR lebih baik dibandingkan dengan OLS. Kriteria pemilihan model terbaik berdasarkan hasil AIC terkecil 98,7394 dan R-Squared terbesar sejumlah 0,51%. Hasil interaksi spasial kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur cukup tinggi yaitu sebesar 0,6180 dari rentan nilai 0 sampai dengan 1. Dampak tersebut dilihat melalui nilai intercept model sebesar 14,9219, dimana hasilnya menunjukkan bahwa aspek spasial berpengaruh terhadap kenaikan pertumbuhan ekonomi di masing-masing kabupaten/kota di Jawa Timur. Dengan variabel signifikan terhadap laju pertumbuhan ekonomi adalah pendapatan asli daerah dengan elastisitas sebesar 1,1701, belanja modal dengan elastisitas sebesar -2,7149, namun untuk variabel tenaga kerja tidak signifikan pengaruhnya terhadap laju pertumbuhan pada kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.


Keywords


Ekonometrika Spasial, Dependensi Spasial, Rock contiguity,Open Geoda, SEM, SAR.

References


Adisasmita, Raharjdo. 2011. Pembiayaan Pembangunan Daerah. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anselin, L. 1988. Spatial Econometrics : Methods and Models. Jurnal. Kluwer Academic Publisher. Netherlands.

Arsyad, Lincolin. 1997. Ekonomi Pembangunan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Bagian Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Bawono, Arba’in Nur. 2011. Keterkaitan Spasial Perbedaan Produktivitas Tenaga Kerja Kabupaten/Kota Di Pulau Jawa. Skripsi. Institut Pertanian Bogor.

Draper Nr, H. Smith. 1992. Analisis Regresi Terapan. Bambang Sumantri, penerjemah; Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Terjemah dari: Applied Regression Analysis.

Elhorst, J.P. 2011. Spatial Panel Models. Jurnal :Internasional Regional Science Review. 2.

Hasna, Shofwatun. 2013. Analisis Pengaruh Dana Perimbangan terhadap Ketimpangan Pendapatan di Provinsi Jawa Timur tahun 2008-2011.Jurnal BPPK. 6(2):1-18.

Indriantoro dan Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

LeSage J.P. 1999.The Theory and Practice of Spatial Econometrics. Jurnal. Departemen of Economics University of Toledo.

Prakarsa, Febrian Dwi. 2014. Aalisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah Dan Pengeluaran Pemerintah Daerah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi (Studi Kasus Di Kabupaten Kota Jawa Timur 2008-2012). Jurnal: Ekonomi dan Bisnis UB. 10.

Purba, Ongki Novriandi. 2016. Pemodelan Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Sumatera Utara Dengan Pendekatan Ekonometrika Spasial Data Panel. Jurnal: Sains dan Seni ITS. 5(2):139-143.

Rori, Chindy Febry. 2016. Analisis Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2001-2013. Jurnal: 16(02): 249-253.

Todaro, Michael. P. dan Stephen C. Smith .2011. Pembangunan Ekonomi Jilid 1 Edisi Ke Sebelas. Jakarta: Erlangga.

https://www.BPSJatim.go.id

https://www.BPS.go.id




DOI: https://doi.org/10.21107/mediatrend.v14i2.5192



Copyright (c) 2019 Media Trend

Creative Commons License

Mediatrend © 2015 - Journal of Economic & Development Studies | Development Economics Program - Faculty of Economics and Bussiness, Trunojoyo University
DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR