PEMANFAATAN APLIKASI MOBILE KITABISA DALAM PELAKSANAAN CROWDFUNDING DI INDONESIA

Nurul Hutami, Irwansyah Irwansyah

Abstract


Adanya internet tentunya tidak hanya membantu kehidupan manusia, tetapi lambat laun juga mengubahnya. Kecenderungan untuk mengakses internet pun kian berubah, termasuk dari penggunaan perangkat yang dipilih. Meningkatnya penggunaan internet, membuat praktik crowd semakin mulai dikenal dan diterapkan dalam berbagai keperluan, misalnya crowdfunding. crowdfunding dapat diartikan sebagai panggilan atau penawaran terbuka yang bisanya dilakukan dengan internet guna penyediaan sumber daya keuangan, baik dalam bentuk sumbangan atau pertukaran produk masa depan atau bentuk penghargaan tertentu dan hak suara. Oleh karena popularitas aplikasi seluler — program komputer kecil yang dirancang untuk beroperasi terutama di dalam smartphone dan komputer tablet — juga telah mengalami pelonjakan, peneliti ingin mengetahui pemanfaatan aplikasi yang digunakan oleh Kitabisa dalam melaksanakan praktik crowdfunding. Dengan metode penelitian kualitaif dan sumber data sekunder, peneliti berusaha memaparkan gambaran pemanfaatan aplikasi Kitabisa, baik di perangkat yang bersistem operasi iOS dan android. Dari hasil pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi Kitabisa terus dipromosikan dengan terus menambahkan fitur menarik agar tetap dapat mempermudah para pemberi dana dalam memberikan donasinya.


Keywords


Aplikasi, Mobile, Crowdfunding

References


Ardiansyah, M. (2018). KONTRIBUSI KITABISA.COM SEBAGAI SOCIAL ENTERPRISE DALAM MEWUJUDKAN FALAH ASPEK MAKRO (PERIODE SEPTEMBER 2018). Retrieved from https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/11354/Naskah Publikasi.pdf?sequence=13&isAllowed=y

Belleflamme, P., Lambert, T., & Schwienbacher, A. (2013). Crowdfunding: Tapping the right crowd. Journal of Business Venturing. Retrieved from https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=1578175

Eden, A., Jong, R. De, & Buningh, S. (2016). Rousing reviews and instigative images : The impact of online reviews and visual design characteristics on app downloads Christian Burgers. https://doi.org/10.1177/2050157916639348

Google. (n.d.). Consumer Barometer - Curated Insights. Retrieved May 20, 2019, from https://www.consumerbarometer.com/en/insights/?countryCode=ID

Gowell, S., & Mcwherter, J. (2012). Professional mobile Application Development. Indiana: John Wiley & Sons, Inc.

Han, S., & Wong, R. (2013). Which platform do our users prefer : website or mobile app ? https://doi.org/10.1108/00907321211203667

Handojo, A., & Wibowo, A. (2012). Aplikasi Crowdfunding Sebagai Perantara Penggalangan Dana Berbasis Website dan Facebook Application. Komputer, 2(Jaringan Komputer), 1–5.

Hemer, J. (2011). A snapshot on crowdfunding. Retrieved from http://hdl.handle.net/10419/52302www.econstor.eu

Irfan, M., Mahasiswa, 1, & Sosial, K. (n.d.). CROWDFUNDING SEBAGAI PEMAKNAAN ENERGI GOTONG ROYONG TERBARUKAN. SHARE: SOCIAL WORK JURNAL, 6–7. Retrieved from http://www.instink.co.id

Kim, T., Por, M. H., & Yang, S. B. (2017). Winning the crowd in online fundraising platforms: The roles of founder and project features. Electronic Commerce Research and Applications, 25, 86–94. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2017.09.002

Kitabisa. (n.d.). Kitabisa! - About Us. Retrieved May 20, 2019, from https://www.kitabisa.com/about-us

Leiner, B. M., Cerf, V. G., Clark, D. D., Kahn, R. E., Kleinrock, L., Lynch, D. C., … Wolff, S. (1997). Brief History of the Internet 1997. Retrieved from http://www.acm.org

Liu, C. Z., Au, Y. A., & Choi, H. S. (2015). Effects of Freemium Strategy in the Mobile App Market : An Empirical Study of Google Play Effects of Freemium Strategy in the Mobile App Market : An Empirical Study of Google Play. Journal of Management Information Systems, 31(3), 326–354. https://doi.org/10.1080/07421222.2014.995564

Massolution. (2012). CROWDFUNDING INDUSTRY REPORT Market Trends, Composition and Crowdfunding Platforms THE INDUSTRY WEBSITE TM. Retrieved from www.EGSllp.com

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Literasi Media Publishing. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=QPhFDwAAQBAJ

Tracy, K. W. (2012). Mobile application development experiences on Apples iOS and Android OS. IEEE Potentials, 31(4), 30–34. https://doi.org/10.1109/MPOT.2011.2182571




DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v13i2.5357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nurul Hutami, Irwansyah Irwansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
Indexed by: