Implementasi Fitur Laksa Pada Aplikasi Tangerang Live Sebagai Layanan Aspirasi Masyarakat Tangerang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dan pengelolaan fitur LAKSA pada aplikasi Tangerang Live. Fitur LAKSA merupakan ruang virtual yang disediakan Pemerintah Kota Tangerang dalam menjawab tantangan pelayanan prima kepada masyarakat Kota Tangerang di era siber, khususnya dalam hal penampung saran maupun pengaduan terkait permasalahan yang ada di wilayah Kota Tangerang. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan perolehan data yang dilakukan dengan observasi, studi lapangan, wawancara mendalam serta studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa fitur LAKSA dalam pengelolaanya bekerja dengan cepat dan terukur, hal ini menjadi kinerja baik Pemerintah Kota Tangerang untuk selalu membangun kredibilitas Pemerintah dan secara langsung dapat membangun citra Kota Tangerang dalam menerapkan E-Government di Pemerintahan Kota Tangerang. Sehingga dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa fitur LAKSA pada aplikasi Tangerang Live berhasil menjadi jembatan penghubung antara masyarakat dengan Pemerintah dalam hal pelayanan. Kesan tidak transparan dan birokrasi yang rumit di mata masyarakat berubah dengan adanya fitur LAKSA ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54
Hidayah, Dasep Dodi. (2020). Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya).
Dinamika: Jurnal Ilmiah Administrasi Negara, 7(1), 28-34
Hidayat, Wahyu. (2021). Analisis Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Aplikasi Tangerang Live Di Kota Tangerang. Studia Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 3(2), 48-57
Kaharuddin. (2021). Kualitatif: Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, IX(1), 1-8
Kristanto, Yuliana. (2018). Inovasi Pelayanan Publik Dalam Rangka Mewujudkan E-Government (Studi Kasus Pelaksanaan Aplikasi Lapor Hendi). Journal Of Public Administration and Local Governance, 2(1), 1-11
Kurnaedi, Didi. (2017). Penerapan ‘Live’ Smart City Tangerang. Jural TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 18-28
Megawati. (2018). Complaint Handling (Studi Kasus Strategi Penanganan Keluhan Hotel The Rinra Makassar 2018). Jurnal Komunikasi KAREBA, 7(2), 249-255
Metrobanten.co.id. (2019). Aplikasi LAKSA, Merespon Cepat Pengaduan Masyarakat. https://metrobanten.co.id/aplikasi-laksa-merespon-cepat-pengaduan-masyarakat/ diakses pada 5 Juli 2022
Prasanti, Ditha. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar, 6(1), 13-21
Primarni, Amie. (2015). Reposisi Peran dan Fungsi Strategis Public Relations Dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Lentera Komunikasi, 1(1), 1-20
Puspitasari, Fantika Febry. (2019). Implementasi Pelayanan Prima Sebagai Upaya Meningkatkan Marketing Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 30-36
Ramadhan, Restu, Ria A., Riswanda. (2019). Implementasi E-Government Di Kota Tangerang Menjadi Smart City (Studi Kasus Aplikasi Tangerang Live). Responsive: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi, Sosial, Humaniora dan Kebijakan Publik, 2(4), 140-156)
Rohayatin, Titin. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Caraka Prabu, 1(1), 22-36
Rukayat, Yayat. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), 2(XI), 1-10
Setiaman, Agus, Dadang S., Jimi N. M. (2013). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik (Analisis Kritis Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Pemerintahan Kota Bandung Kepada Warga Kota). Jurnal Kajian Komunikasi, 1(2), 196-205
Setiawati, F. (2021). Implementasi Kebijakan Program Tangerang Live Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kota Tangerang. Pelita: Jurnal Penelitian dan Karya Ilmiah, 21(1), 13-37
Soeherlan, Lalan S. (2019). Penguatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Bidang Administrasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik. Jurnal Dialogika Manajemen dan Administrasi, 1(1), 42-52
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tholok, Fidelis W., Sonny S., Suhendar J. (2019). Studi Ketertarikan Masyarakat Terhadap Penggunaan Aplikasi Tangerang Live (Pendekatan Pada Teori Skala SERVQUAL). Primanomics: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 17(2), 120-129
Trisnani. (2018). Implementasi E-Government Public Relations Sebagai Peningkatan Pelayanan Informasi Publik, Dilingkungan Pemerintah Daerah Di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, 7(3), 165-175
Wahyudi, Muhtar, Surokim. (2015) Modeling For Public Sphere Optimization At Local Commercial Radio Program To Enhance Public’s Accesibility and Participation For Public Services In Indonesia. Communication Sphere, 1(1), 75-81
Wakhid, Ali Abdul. (2017). Reformasi Pelayanan Publik Di Indonesia. Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, 13(1), 53-59
Yumikosari, Melati A., Hadi P. (2017). Strategi Cyber Public Relations Website E-Marketplace (Studi Deskriptif Pada Website E-Marketplace Jual Beli Hasil Laut PasarLaut.com). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian, 3(1), 57-65
DOI: https://doi.org/10.21107/ilkom.v16i1.13218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Asriyani Sagiyanto, Fitri Susiswani Susiswani Isbandi, Ade Rahma, Wulan Apriani, Ardian Setio Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Komunikasi by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.