DAMPAK DAN TANTANGAN DALAM IMPLEMENTASI SOCIAL MEDIA MARKETING UNTUK UMKM

Yustina Chrismardani, Triana Setiyarini

Abstract


Social media marketing merupakan variasi alat pemasaran yang dapat digunakan secara mudah dan tidak berbiaya, bila dibandingkan dengan alat pemasaran lainnya. Dengan biaya yang lebih rendah daripada alat pemasaran yang lain, UMKM cenderung cocok menggunakan metode social media marketing untuk memperkenalkan produknya, membangun hubungan dengan pelanggan dan memperkuat merk nya. Pada kenyatannya, hanya 30% usaha di Indonesia yang menggunakan instrument digital, sehingga dibutuhkan lebih banyak riset untuk mengeksplorasi perspektif dari perusahaan, terutama dalam memahami penghalang atau penghambat dalam penggunaan social media marketing. Tujuan dari riset ini adalah mendeskripsikan konsep social media marketing, penggunaan social media sebagai sarana promosi untuk UMKM, dampak dan tantangan dihadapi oleh UMKM dalam penggunaan social media. Merencanakan untuk menggunakan social media sebagai alat pemasaran yang kompetitif, memerlukan isi pesan yang dapat menarik perhatian pelanggan. Selain itu, juga dibutuhkan ketulusan, perhatian dan respon dengan cepat dalam berkomunikasi dengan pelanggan target. Tantangan dalam penggunaan social media marketing oleh UMKM yang meliputi factor internal dan eksternal, merupakan hal yang harus dihadapi dan diantisipasi agar mencapai keberhasilan dalam social media marketing.

Keywords


UMKM

Full Text:

PDF

References


Albors, J. Ramos, J.C and J.L. Hervas. (2008). New Learning Network Paradigm: Communities of Objectives, Crowdsourcing, Wikis and Open Source. International Journal of Information Management, 28: 194-202.

Alves, Helena. Fernandes, Cristina and Mario Raposo. (2016). Social Media Marketing: A Literature Review and Implication. Psycology and Marketing Vol. 33 (12) December 2016: 1029-1038.

Chong, A. Y.-L., Chan, F. T. S., & Ooi, K.-B. (2012). Predicting consumer decisions to adopt mobile commerce: Cross country empirical examination between China and Malaysia. Decision Support Systems, 53(1), 34–43.

Dahnil, Mohd Irwan. Marzuki, Kamarul Mizal. Langgat, Juliana. And Noor Fzlinda Fabeil. (2014). Factors Influencing SMEs Adoption of Sosial Media Marketing. Procedia-Social and Behavioral Sciences 148 (2014) 119-126.

Eagleman, A. N. (2013). Acceptance , Motivations , And Usage Of Social Media As A Marketing Communications Tool Amongst Employees Of Sport National Governing Bodies. Sport Management Review.

Iblasi, Walid Nabil. Bader, Dojanah M.K. and Sulaiman Ahmad Al-Qreini. (2016). The Impact of Social media as a Marketing Tool on Purchasing Decision (Case Study on SAMSUNG for Electrical Home Appliances. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR), Vo. 4 (1) January 2016: 14-28.

Jucaityte, Indre and Jurate Mascinskiene. (2014). Peculiarities of Social Media Integration Into Marketing Communication. Procedia-Social Behavioral Sciences 156 (2014): 490-495.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users Of The World, Unite! The Challenges And Opportunities Of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68.

Lakshmi.V. Mahboob, Afraa and Ankita Choudhary. (2017). A Study On Impact Of Social Media On Small And Medium Enterprises. International Journal of Scientific Development and Research (IJSDR) Volume 2, Issue 11: 64-71.

Lovett, M.J. and R. Staelin. (2016). The Role of Paid, Earned and Owned Media in Building Entertainment Brands: Reminding, Informing and Enhancing Enjoyment. Marketing Science, 35(1): 142-157.

Öztamura, Dilhan and İbrahim Sarper Karakadılarb. (2014). Exploring The Role Of Social Media For Smes: As A New Marketing Strategy Tool For The Firm Performance Perspective. Procedia - Social and Behavioral Sciences 150 ( 2014 ) 511 – 520.

Pentina, I. Koh, A.C. and T.T Le. (2012) Adoption of Social Network Marketing by SMEs: Exploring The Role of Social Influences and Experience in Technology Acceptance. International Journal Internet Marketing and Advertising, 7(1): 65-82.

Purwana, Dedi. Rahmi. dan Shandy Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM) Vol. 1 No. 1 Juli 2017: 1-17.

Purwidiantoro, Moch Hari. Kristanto S.W., Dany Fajar dan Widiyanto Hadi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Jurnal EKA CIDA Vol. 1 No. 1 Maret 2016: 30-39.

Rugova, Blerta and Burim Prenaj. (2016). Social Media as Marketing Tool fo SMEs: Opportunities and Challenges. Academic Journal of Business, Administration, Law and Social Sciences Vol 2 No. 3 November 2016: 85-97.

Sarosa, S. (2012). Adoption of Social Media Networks by Indonesian SME: A Case Study. Procedia Economics and Finance, 4(Icsmed), 244–254.

Solomon, M. Bamossy, G. Askegaard, S and M. Hogg. (2010). Consumer Behavior: Buying, A European Perspective. Financial Times Press.

Supriadi, C. (2016). Retrieved February 18, 2017, from http://www.marketing.co.id: http://www.marketing.co.id/dukung -wirausaha-wanita-lewat-aplikasi-dbsbusinessclass/

Vinerean, Simona. (2017). Importance of Strategic Social Media Marketing. Expert Journal of Marketing, Vol. 5 (1): 28-35.

Wang, Z. and Kim, H.G., (2017). Can Social Media Marketing Improve Customer Relationship Capabilities and Firm Performance? Dynamic Capability Perspective. Journal of Interactive Marketing, 39, pp.15-26.

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.

Wicaksono. Kuspuji Catur Bagus. (2013). Mengukur Efektivitas Social Media Bagi Perusahaan. Binus Business Review Vol. 4 No. 1 Mei 2013: 551-564.

www.wearesocial.com

Zarella, Dan. (2010). The Social Media Marketing Book




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i2.6831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yustina Chrismardani, Triana Setiyarini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.