Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening

Fathur Rido, Fathor AS, Purnamawati Purnamawati

Abstract


Tujuan dari penelit ian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh
signifikan ekuitas merek terhadap minat mahasiswa memilih
Universitas Trunojoyo Madura, (2) untuk mengetahui pengaruh
signifikan ekuitas merek terhadap keputusan mahasiswa
memilih Universitas Trunojoyo Madura, (3) untuk mengetahui
pengaruh signifikan minat memilih terhadap keputusan
mahasiswa memilih Universitas Trunojoyo Madura, (4) untuk
mengetahui pengaruh secara signifikan ekuitas merek terhadap
keputusan memilih Universitas Trunojoyo Madura melalui
minat memilih sebagai variabel intervening. Metode penelit ian
ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 98
responden dengan tehnik sampel yang digunakan adalah
Proportinate stratified random sampling,data responden
diperoleh dengan menggunakan kuisioner, Analisis yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis
menunjukkan bahwa (1) ekuitas merek berpengaruh signifikan
secara langsung terhadap minat memilih, (2) ekuitas merek
berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan
memilih, (3) minat memilih berpengaruh signifikan secara
langsung terhadap keputusan memilih, (4) ekuitas merek
berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap
keputusan memilih melalui minat memilih. Hasil penelit ian
menyimpulkan bahwa ekuitas merek telah mampu meciptakan
keputusan dan minat memilih Universitas Trunojoyo Madura
baik secara langsung maupun tidak langsung.


Keywords


Ekuitas merk; Keputusan memilih;Minat memilih

Full Text:

PDF

References


Agusli, Devonalita dan Yohanes Sondang K. 2013. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel

Surabaya. Jurnal. Manajemen Pemasaran Petra. Vol.1 No.2 1-8.

Akhtar. Naeem, dkk 2016. Impact of a Brand Equit y on Consumer Purchase Decision in L’Oreal Skincare Products. Journal. International Review of Management and Bussiness Research. Vol. 5 Issue 3.

BAAKPSI, 2018. Data Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura

Bilson Simamora, 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasran Efektif Dan Profitable Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Charles Lamb, W .et.al 2008. Pemasaran, Edisi kelima. Jakarta: Selemba Empat

Durianto, Damardi, Sugiarto, Setinjak, Toni. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Mere. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Toni. 2008. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Perilaku Merek. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Engel, James F & Roger D. Blackwell. 2008. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Budiyanto. Edisi 6 Jilid 2. Tangerang: Binarupa Aksara.

Ferdinand, A, 2002. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Devertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Universitas Diponegoro

Ferinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu

Irzandy Haris, dkk 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kartu Perdana Simpat i Khusus Internet Di Grapari Telkomsel Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No.1.

Kartajaya, Hermawan. 2010. Konsep Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia

Kemendikbud. 2012. Undang undang RI No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.http:sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012.Full.pdf.

diakses 19 november 2018.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Marknesis, Tim. 2009 Pemasaran: Strategi, Takti Dan Kasus. Edisi Pertama Jakarta : Penerbit Jelajah

Pradipta, dkk 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian.

Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 34 No. 1 Mei

Rangkuti, Freddy. 2009. The Power Of Brands Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ratna Cynthia, dkk. 2014. Purchase Intention In Automotive Industry A Case Study Of Abc In Surabaya. Journal. International Review of Management and Bussiness Research. Vol. 7 Issue 8.

Riduwan & Kuncoro. 2014. Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis Atau Analisis Jalur Lengkap Dengan Contoh Tesis Dan Perhitungan SPSS 17.0. Bandung: Alfabeta

Rukmi Dyah Kusumawardani Ambar dkk, 2018. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel

Surabaya.

Schifman, Leo dan Leslie L, Kanuk. 2007. Prilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks

Soenyoto Felly Liliyana, 2015. The Impact Of Brand Equity On Brand Preference And Purchase Intention In Indonesia’s Bicycle Industry. Journal. International Review of Management. Vol. 2 Issue 34.

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, Fandy, 2008. Pemasaran Strategik, Edisi 1. Yokyakarta: CV Andy Offset




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i1.6822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fathur Rido, Fathor AS, Purnamawati Purnamawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.