Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Memilih Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening
Abstract
Tujuan dari penelit ian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh
signifikan ekuitas merek terhadap minat mahasiswa memilih
Universitas Trunojoyo Madura, (2) untuk mengetahui pengaruh
signifikan ekuitas merek terhadap keputusan mahasiswa
memilih Universitas Trunojoyo Madura, (3) untuk mengetahui
pengaruh signifikan minat memilih terhadap keputusan
mahasiswa memilih Universitas Trunojoyo Madura, (4) untuk
mengetahui pengaruh secara signifikan ekuitas merek terhadap
keputusan memilih Universitas Trunojoyo Madura melalui
minat memilih sebagai variabel intervening. Metode penelit ian
ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah sampel sebesar 98
responden dengan tehnik sampel yang digunakan adalah
Proportinate stratified random sampling,data responden
diperoleh dengan menggunakan kuisioner, Analisis yang
digunakan adalah analisis jalur (path analysis). Hasil analisis
menunjukkan bahwa (1) ekuitas merek berpengaruh signifikan
secara langsung terhadap minat memilih, (2) ekuitas merek
berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan
memilih, (3) minat memilih berpengaruh signifikan secara
langsung terhadap keputusan memilih, (4) ekuitas merek
berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap
keputusan memilih melalui minat memilih. Hasil penelit ian
menyimpulkan bahwa ekuitas merek telah mampu meciptakan
keputusan dan minat memilih Universitas Trunojoyo Madura
baik secara langsung maupun tidak langsung.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agusli, Devonalita dan Yohanes Sondang K. 2013. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel
Surabaya. Jurnal. Manajemen Pemasaran Petra. Vol.1 No.2 1-8.
Akhtar. Naeem, dkk 2016. Impact of a Brand Equit y on Consumer Purchase Decision in L’Oreal Skincare Products. Journal. International Review of Management and Bussiness Research. Vol. 5 Issue 3.
BAAKPSI, 2018. Data Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Trunojoyo Madura
Bilson Simamora, 2003. Memenangkan Pasar dengan Pemasran Efektif Dan Profitable Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Charles Lamb, W .et.al 2008. Pemasaran, Edisi kelima. Jakarta: Selemba Empat
Durianto, Damardi, Sugiarto, Setinjak, Toni. 2004. Strategi Menaklukan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Mere. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Toni. 2008. Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Perilaku Merek. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.
Engel, James F & Roger D. Blackwell. 2008. Perilaku Konsumen. Diterjemahkan oleh Budiyanto. Edisi 6 Jilid 2. Tangerang: Binarupa Aksara.
Ferdinand, A, 2002. Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian untuk Skripsi, Tesis, dan Devertasi Ilmu Manajemen, Semarang: Universitas Diponegoro
Ferinadewi, Erna, 2008. Merek dan Psikologi Konsumen, Yogyakarta: Graha Ilmu
Irzandy Haris, dkk 2017. Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Pengguna Kartu Perdana Simpat i Khusus Internet Di Grapari Telkomsel Cabang Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 51 No.1.
Kartajaya, Hermawan. 2010. Konsep Pemasaran. Jakarta : PT Gramedia
Kemendikbud. 2012. Undang undang RI No 12 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi.http:sipuu.setkab.go.id/PUUdoc/17624/UU0122012.Full.pdf.
diakses 19 november 2018.
Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip pemasaran. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Alih Bahasa Bob Sabran. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Marknesis, Tim. 2009 Pemasaran: Strategi, Takti Dan Kasus. Edisi Pertama Jakarta : Penerbit Jelajah
Pradipta, dkk 2016. Pengaruh Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian.
Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 34 No. 1 Mei
Rangkuti, Freddy. 2009. The Power Of Brands Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama.
Ratna Cynthia, dkk. 2014. Purchase Intention In Automotive Industry A Case Study Of Abc In Surabaya. Journal. International Review of Management and Bussiness Research. Vol. 7 Issue 8.
Riduwan & Kuncoro. 2014. Cara Menggunakan Dan Memaknai Path Analysis Atau Analisis Jalur Lengkap Dengan Contoh Tesis Dan Perhitungan SPSS 17.0. Bandung: Alfabeta
Rukmi Dyah Kusumawardani Ambar dkk, 2018. Analisa Pengaruh Dimensi Ekuitas Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Midtown Hotel
Surabaya.
Schifman, Leo dan Leslie L, Kanuk. 2007. Prilaku Konsumen. Edisi 7. Jakarta: PT. Indeks
Soenyoto Felly Liliyana, 2015. The Impact Of Brand Equity On Brand Preference And Purchase Intention In Indonesia’s Bicycle Industry. Journal. International Review of Management. Vol. 2 Issue 34.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Tjiptono, Fandy, 2008. Pemasaran Strategik, Edisi 1. Yokyakarta: CV Andy Offset
DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v13i1.6822
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Fathur Rido, Fathor AS, Purnamawati Purnamawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.