Pengaruh Fintech Payment dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Tiara Ayu Kristyaningrum, Khoirina Noor Anindya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh fintech payment dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa sebagai generasi Z yang adaptif dengan perkembangan teknologi layanan keuangan. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dengan jumlah responden adalah 83. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS disertai dengan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fintech payment dan literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Semakin tinggi intensitas penggunakan aplikasi fintech payment maka perilaku konsumtif juga semakin meningkat karena adanya kemudahan pembayaran dalam berbelanja serta adanya eksposur discount. Semakin tinggi literasi keuangan juga meningkatkan perilaku konsumtif karena dengan pengetahuan keuangan yang dimiliki, mahasiswa dapat mengakses berbagai macam aplikasi belanja dan lebih mengutamakan kegiatan belanja demi kesenangan.


Keywords


Fintech Payment; Literasi Keuangan; Perilaku Konsumtif

References


Amri, M. C., Mohammed, M. O., & Bakr, A. M. (2021). Enhancing Financial Inclusion Using FinTech-Based Payment System. In M. Billah, Islamic Fintech (pp. 191-207). London: Palgrave Macmillan.

Arifa, D., Asriany, & Samsinar. (2024). The Effect of Fintech E-Wallet (ShopeePay) and Financial Literacy on Student Consumptive Behaviour. International Conference of Business, Education, Health and Scien-Tech (pp. 1013-1023). Palopo: LPPI UM Palopo.

Azzahra, A. F., Andriana, I., & Saputri, N. D. (2024). Pengaruh Penggunaan Fintech terhadap Perilaku Manajemen Keuangan . Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis Syariah, Vol.6, No.2 (2024), 2581-2892.

Betharini, N., & Sungkono. (2025 ). Penggunaan Fintech Payment terhadap Perilaku Konsumsi Mahasiswa di Kalangan Mahasiswa UBP . Jurnal Economica, Vol.2, No.6, Juni 2023 , 1-14.

Chatrine, S. I., Sari, M. I., & Wijayantini, B. (2025). Pengaruh Fintech Payment terhadap Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa di Kabupaten Jember . Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Keuangan Vol.6, No.3, 2025, 1-16.

Citra, R. Y., & Komara, E. F. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Payment dan Perilaku Konsumtif terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Pribadi Generasi Z di Jawa Barat. Jurnal Lentera Bisnis, Vol.14, No.1, Januari 2025 , 696-708.

Fathania, F. N., & Anindya, K. N. (2025 ). Pengaruh Literasi Keuangan terhadap Minat Menabung Generasi Z melalui Platform Online . Jurnal Aplikasi Bisnis, Vol.22, No.1, Juni 2025 , 739-746.

Giglio, F. (2021). Fintech: A Literature Review . European Research Studies Journal, Vol.XXIV, Issue 2B, 2021, 600-627.

Hannes, M., Ramadhan, R. R., & Bakaruddin. (2025). Pengaruh Fintech Payment, Literasi Keuangan dan Financial Self Efficacy terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Merdeka EMBA, Vol.4, No.1, Tahun 2025, 1481-1492.

Hermawan, M. D., & Septiani, D. (2024). Literasi Keuangan dan Dampaknya Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa: Tinjauan Literatur. Jurnal STIE Semarang, Vol.16, No.3, Edisi Oktober 2024, 187-196.

Junitasari, P. D., Indrajaya, I. G., Wantara, I. G., & Dwipayana, K. W. (2023). Pemhaman Penggunaan Financial Technology (Fintech) dalam Konteks Sistem Pembayaran dan Layanan Keuangan . Jurnal Inovasi Ekonomi dan Keuangan, Vol.01, No.01, 2023, 19-24.

Kang, J. (2018). Mobile Payment in Fintech Environment: Trends, Security Challenges, and Services. Human-centric Computing and Information Sciences (2018) 8:32, 1-16.

Kuswanto, Aryanti, S., & Arief, H. (2024). Pengaruh Financial Technology dan Manajemen Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), Vol.12, No.2 (2024), 268-276.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2023). The Importance of Financial Literacy: Opening a New Field. Journal of Economic Perspective, Vol.37, No.4, Fall 2023, 137-154.

Maulidatinisa, S., Zulaihati, S., & Respati, D. K. (2025). Pengaruh Literasi Keuangan; Pengendalian Diri dan Penggunaan Fintech Berbasis Shopeepay terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Jakarta . Ekopedia: Jurnal Ilmiah Ekonomi, Vol.1, No.3, Tahun 2025, 776-791.

Muin, A. N., Manda, H., Abidin, Z., & Idris, M. (2025). Analisis Dampak Financial Technology (Fintech) Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia . Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, Vol.8, No.1, 2025, 1239-1243.

Mursalim, Oktaviani, A. R., & Abdullah. (2024 ). Pengaruh Literasi Keuangan, Fintech Digital Payment, dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Kota Makassar . MASSARO: Jurnal Aplikasi Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.6, No.2, Agustus 2024 , 76-90.

Mustafid, H., & Utami, M. M. (2016). Pengaruh Lingkungan Fisik dan Kesenangan Konsumen Berbelanja Terhadap Pembelian Tidak Direncanakan. Tirtayasa EKONOMIKA, Vol.2, Oktober 2016, 287-303.

Nugroho, T. C., Purba, E. H., & Helwani, R. M. (2022). Analisis Pengalaman Penggunaan Dompet Digital (Studi Kasus: ShopeePay). Indonesian Journal Accounting, 3(1), 2022, 26-31.

Prayitno, S. B. (2023). Generation Z Perception of National Online Shopping Day on Shopee E-Commerce . Journal of Management Sicence, Vol.6, No.4, October 2023, 596-604.

Pujia, D. P., Hidayat, C. E., Kamela, H., Susilowati, & Suhartono. (2024). Pengaruh Literasi Keuangan dan Penggunaan Digital Payment terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa dengan Gaya Hidup sebagai Variabel Moderasi pada Mahasiswa FEB Universitas Tangerang Raya . Jurnal Ilmu Ekonomi Manajemen dan AKuntansi MH Thamrin, Vol.5, No.2, September 2024 , 661-677.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa . Jurnal Riset Sains Manajemen, Vol.2, No.3, 2018, 103=110.

Remund, D. L. (2010). Financial Literacy Explicted: The Case for a Clearer Definiton in an Incerasingly Complex Economy . The Journal of Consumer Affairs, Vol.44, No.2, Summer 2010, 266-295.

Salsabila, S. A., & Mulyati, S. (2023). The Influence of Financial Litercay on the Consumtive Behaviour of Students in the Management Study Program, Faculty of Business and Economics, Islamic University of Indonesia. Jurnal Economic Resources, Vol.6, Issues 2 (2023), 410-422.

Taqiyuddin, H. F., & Abdurrahman, A. (2022). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Niat Menggunakan E-Wallet ShopeePay: Studi Generasi Z di Indonesia. Selekta Manajemen: Jurnal Mahasiswa Bisnis & Manajemen, Vol.01, No.05, 2022, 203-2018.

Wulandari, & Halizah, S. N. (2021). The Importance of Consumption Behaviour Driven by Social Needs on Individual Well-Being and Social Stability . Journal of Social Science Studies, No.1, Vol.1, January 2021, 73-78.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v19i2.31931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Tiara Ayu Kristyaningrum, Khoirina Noor Anindya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.