Implementasi Prinsip-prinsip Program One Village One Product (Ovop) dalam Mengembangkan Jiwa Wirausaha Pengrajin Sangkar Burung Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan Masa Pandemi Covid 19

S Anugrahini Irawati, Pribanus Wantara

Abstract


Bangkalan Masa Pandemi Covid 19.

 

Program OVOP menjadi salah satu upaya pemulihan ekonomi  Nasional dengan   mendorong  sektor  UMKM, dimana sector ini memiliki  kontribusi penting  dalam  perekonomian  nasional.  Tulisan  ini  mengkaji  kondisi  UMKM terdampak  pandemi  Covid-19  serta  upaya  pemerintah  dalam  memulihkannya. Secara umum Pandemi Covid-19 berdampak negatif dan terpukul pada sektor UMKM yang menyebabkan para pelakunya terpuruk dan harus beradaptasi dengan cara meningkatkan saluran penjualan/pemasaran. Salah satu strategi pemerintah dalam mendukung UMKM menghadapi tantangan global tersebut yaitu dengan melaksanakan program One Village One Product (OVOP) sesuai Instruksi Presiden (INPRES) No.6, Tahun 2007 pada tanggal 8 Juni tentang kebijakan mengenai percepatan pengembangan sektor riil dan pemberdayaan UMKM. Program ini merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan produk unggulan suatu daerah yang memiliki potensi besar dalam       upaya peningkatan perekono-mian masyarakat khususnya pengrajin sangkar burung di Desa Jaddih Kabupaten Bangkalan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pada dasarnya ketiga prinsip program OVOP masih perlu penyesuaian dengan kebutuhan para pengrajin khususnya pada masa pandemi COVID 19 yang melanda Dunia.


Keywords


One Village One Product (OVOP). Wirausaha, Pengrajin Sangkar Burung.

Full Text:

PDF

References


Burhan Bugun. 2015. Cetakan ke.9. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta Rajawali Pers.

Daya Cipta Dianrancana, PT. 2010. Laporan Modul Pelatihan Jasa

Konsultansi Peningkatan Teknologi dan Mutu Produk IKM Kerajinan

gerabah/Keramik Hias dalam Rangka Pengembangan IKM Kerajinan melalui OVOP Purwakarta, Jawa Barat, Jakarta: Kementerian Perindustrian.

Departemen Perindustrian. 2007. Membangun Daya Saing Industri Daerah: dengan Pendekatan Kompetensi Inti Industri Daerah, Jakarta: Departemen Perindustrian.

Friedmann, J. 1992. Empowerment: The Politics of Alternative Development, Cambridge: Blackwell.

Farah, Balqish. 2015. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan terhadap Keberhasilan Usaha Distro di Kota Bandung (Study pada Distro yang terdaftar di Kick di Kota Bandung). Bandung.

Hiramatsu & Morihiko. 2009. Opening Speech OVOP International

Seminar in Bali, Indonesia.

Hikmat, H. 2001. Strategi Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Humaniora Utama Press.

Kementerian Perindustrian. 2010. Pedoman Umum dan Petunjuk Teknis

Pengembangan IKM melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product–OVOP), Jakarta: Dirjen IKM Kementerian Perindustrian.

Mikkelsen, B. 2003. Metode Penelitian Partisipatoris dan Upaya-upaya

Pemberdayaan, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Geoffrey G. Meredith, Robert E. Nelson, Philip A. Nick ; penerjemah, Andre Asparsayogi The practice of entrepreneurship, Jakarta : Pustaka Binaman Pressindo, 1984

Murayama, H. 2009. A Case Study Archive of OVOP for Regional

Development, The 6th OVOP International Seminar, Bali-Indonesia.

Nurbudiyani, Iin. 2015. Manajemen Pengembangan Kewirausahaan (Entrepreneurship) Siswa SMKN 2 Palangkaraya. Palangkaraya: Jurnal Pendidikan Vol 10 No 1

Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 78/M-IND/PER/9/2007 tentang “Peningkatan Efektifitas Pengembangan Industri Kecil dan Menengah melalui Pendekatan Satu Desa Satu Produk (One Village One Product-OVOP) di Sentra.

Patton, M.Q (2001). Qualitative Reseacrh and Evaluation Data Analysis. London Sage Publication

Roesmidi, M.M. & Risyanti, R. 2008. Pemberdayaan Masyarakat, Bandung: Alqaprint Jatinangor.

Stenning, N. & Miyoshi, K. 2008. Networking, Knowledge and Community capacity Development, Ritsumeikan Asia Pacific University.

Suzuki, N. 2002. Development Strategy Formulation for Artisan Craft Promotion: The Effective Promotion for Regional Development in Developing Countries Part I & II, Chiba University.

Sugiharto, Y. & Rizal, S. 2008. Gerakan OVOP sebagai Upaya

Peningkatan Pembangunan Daerah, Jakarta: Benchmark.

Sega, Ndione Joseph & Suzuki Kanichiro. 2018 .The OVOP as a Tool to Develop Small and Medium-Sized Enterprises: Insightsfrom OVOP Enterpreneurial Experiencein Senegal. International Journal of Education and Research. Vol.6 No.3 (March2018)

Safrudiansyah, Andi. 2016. Prosedur Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa Oleh CENDI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Yogyakarta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian kualitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

Widiyatnoto, Erfikas. 2013. Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMKN 1 Wonosari dan SMKN 2 Wonosari di Kabupaten Gunungkidul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i2.23117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 S Anugrahini Irawati, Pribanus Wantara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: