PENGARUH CITRA MEREK, HARGA, DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Wadud Ubaidillah, Suyono Suyono

Abstract


Abstract

The study aims to analyse: (1) The influence of brand image towards purchase decision on Xiaomi’s brand smartphones, (2) The influence of price towards purchase decision on Xiaomi’s brand smartphones, (3) The influence of product quality towards purchase decision on Xiaomi’s brand smartphones, (4) The influence of brand image, price, and product quality simultaneously towards purchase decision on Xiaomi’s brand smartphones, and (5) which is the the most dominant independent variable affect the purchase decision of Xiaomi’s brand smartphones. Data collection techniques is using quesionaire that have tested their validity dan reliability. The data analysis technique is using multiple linear regression. The result of the study indicate that all hypotheses can be accepted with the results: Brand image, price, and product quality partially and simultaneously have a positive and significant effect on puchase decision; Product quality is the most dominant variabel affecting purchase decision; and adjusted r2 explained that the brand image, price, and product quality can explain the purchase decision by 67,6%.

Keywords: Brand Image, Price, Product Quality, Purchase Decision.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi, (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi, (3) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi, (4) pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi, dan (5) variabel bebas mana yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone merek Xiaomi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Trunojoyo Madura yang pernah membeli dan menggunakan smartphone merek Xiaomi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis dapat diterima dan diperoleh hasil: Citra merek, Harga, dan Kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian; Kualitas produk menjadi variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian; dan adjusted r2 menjelaskan bahwa variabel citra merek, harga, dan kualitas produk dapat menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 67,6%.

Kata kunci: Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.


Keywords


Citra Merek, Harga, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian.

References


Aaker, A. D. (2008). Manajemen Ekuitas Merek (Alih bahasa oleh Aris Ananda). Jakarta: Mitra Utama.

Anggita, Rizza, & Hapzi Ali (2017). The Influence of Product Quality, Service Quality and Price to Purchase Decision of SGM Bunda Milk (Study on PT. Sarihusada Generasi Mahardika Region Jakarta, South Tangerang District). Scholars Bulletin (A Multidisciplinary Journal), Vol-3, Iss-6.

Alma, Buchari, (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amron, Amron. (2018). “The Influence of Brand Image, Brand Trust, Product Quality, and Price on the Consumer’s Buying Decision of MPV Cars”. European Scientific Journal, Vol.14, No.13.

Backer, Elisa. (2010). “Using Smartphone and Facebook in A Major Assessment: The Student Experience”. Ejournal. Australia: University Of Ballarat.

Deisy, Malonda, joyce L., & Yunita M. (2018). Analisis Citra Merek, Harga Produk dan Kualitas Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung pada Seluruh Gerai-Gerai Seluler di IT Manado. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, Hal. 2288 – 2297.

Evelina, Nela, dkk. 2012. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, dan Promoi terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkom Flexi. Diponegoro Journal of Social and Politic. Hal. 1-11.

Tjiptono, Fandy, & Gregorius Chandra. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 19 Edisi Kelima. Semarang: Universitas Diponegoro.

Gollust, Sarah E., dkk (2018). The effect of Proportional v. Value Pricing on Fountain Drink Purchases: result from a field experiment. Public Health Nutrition, 21(13), 2518–2522.

Hendro, Chardika Respatya, & Wahyu Hidayat. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Handphone Merek Iphone Kota Semarang. Diponegoro Journal of Social And Politic, Hal. 1-8.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler Philip & Gary Armstrong. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip & Gary Armstrong. (2014): Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Kotler, Philip., & Kevin Lane Keller. (2012). Manajemen Pemasaran (Edisi Keempat belas). Jakarta: Erlangga.

Li, Cheng-Ping. (2016). “Effects of Brand Image, Perceived Price, Perceived Quality, and Perceived Value on the Purchase Intention towards Sports and Tourism Products of the 2016 Taichung International Travel Fair”. The Journal of International Management Studies, Vol.12, No.2

Mowen, John C, & Michael Minor. (2012). Perilaku Konsumen (dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya). Jakarta: Erlangga.

Mahmudah, I.S, & Monika T. (2014). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian POND’S Flawless White. Jurnal Bisnis dan Manajemen, Vol.6 No.2.

Muljani, Ninuk, & Yulius K. (2019). “The impact of brand image, product quality and price on purchase intention of smartphone”. International Journal Of Research Culture Society, Vol.3, Issue 1.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Situmorang, S. H., & Lufti, M. (2012). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis (2 edition). Medan: USU Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Schiffman, L. dan Kanuk, L.L. 2011. Perilaku Konsumen, Edisi Ketiga. Jakarta Barat: Permata Puri Media.

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yasmin, Afrina. (2017). Impact of Brand Image on Consumers Purchase Decision. International Journal of Research in Social Sciences, Vol. 7 Issue 10.

__.2019.“XiaomiInc”.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Xiaomi (diakses pada tanggal 25 Desember 2019).




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v17i1.19644

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wadud Ubaidillah, Suyono Suyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
Competence : Journal of Management Studies 
by Universitas Trunojoyo Madura is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2541-2655 (Online) dan ISSN: 1907-4824 (Print)


Indexed by: