Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nk Café Malang

- Fathorrahman

Abstract


Persaingan yang semakin ketat menuntut setiap perusahaan untuk melakukan inovasi dan menciptakan keunggulan bersaing yang tinggi demi tercapainya tujuan perusahaan. Salah satu usaha yang saat ini sedang tren di masyarakat dengan persaingan yang ketat adalah bisnis cafe. Dalam menghadapi persaingan dengan kompetitornya, manajemen NK Cafe mengemas konsep café sebagai tempat nongkrong di tengah sawah dengan pemandangan alam yang sejuk dan menyegarkan. Konsep ini dipilih agar konsumen merasa kembali menikmati suasana alam persawahan dan lebih menjadi daya tarik serta keunikan dibandingkan kompetitor. Tujuan dari penelitian ini berfokus untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian.  Pendekatan penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausalitas, Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel penelitian sebanyak 96 konsumen.  Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga, kualitas produk, dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk NK Cafe, sehingga apabila harga, kualitas produk, dan brand imageNK Cafe semakin baik, maka keputusan pembelian oleh konsumen akan semakin baik atau dengan kata lain konsumen akan senantiasa membeli produk NK Cafe apabila harga, kualitas, dan brand image produk tersebut baik.
The increasingly fierce competition requires every company to innovate and create a high competitive advantage in order to achieve the company's goals. One of the businesses that is currently trending in society with intense competition is the cafe business. In the face of competition with its competitors, the management of NK Cafe packaged the concept of a café as a place to hang out in the middle of the rice fields with a cool and refreshing natural view. This concept was chosen so that consumers feel they are enjoying the natural atmosphere of the rice fields and are more attractive and unique compared to competitors. The purpose of this study focuses on knowing the effect of price, product quality and brand image on purchasing decisions. The research approach uses quantitative research with the type of causality research, the sampling technique in this study uses purposive sampling method with the number of research samples as many as 96 consumers. While the data analysis method used is Partial Least Square (PLS) analysis. The results of this study indicate that price, product quality, and brand image have a positive and significant effect on purchasing decisions for NK Cafe products, so that if the price, product quality, and brand image of NK Cafe are getting better, then the purchasing decisions by consumers will be better or in other words. On the other hand, consumers will always buy NK Cafe products if the price, quality, and brand image of the product are good.

Keywords


Harga, kualitas produk, brand image, keputusan pembelian

Full Text:

PDF

References


. Fure, Ferdyanto, Lapian, Joyce, & Taroreh, Rita. 2015. Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di J.CO Manado. Jurnal EMBA, Vol. 3, No. 1, 367-377.

. Gerung, C. Jacklin, Sepang, Jantje, & Loindong, Sjendry. 2017. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan X-Trail pada PT. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA, Volume 5, Nomor 2, 2221-2229.

. Joshua, Davin & Padmalia, Metta. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Enterpreneur dan Enterpreneurship, volume 5, Nomor 1, 27-32.

. Keller, K. Lane. 2003. Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice Hall.

. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid I, Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

. Kotler, Philip & Armstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi 13, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. Kristian, Denny & Widayanti, Rita. 2016. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, Vol. 16, No. 1, 45-58.

. Kurniawan, Firman, Arifin, Zainul, & Fanani, Dahlan. 2018. Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Survei kepada para Siswa SMAN 15 Surabaya Kelas XII yang Menggunakan Laptop Bermerek Asus). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol.5, No. 1, 75-81.

. Mowen, John C. & Minor, Michael. 2008. Consumer Behavior. Prentice Hall, Inc.

. Nabhan, Faris dan Enlik Kresnaini. 2005. Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Keputusan Konsumen dalam Melakukan Pembelian pada Rumah Makan di Kota Batu. Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Vol 6, No.3.

. Prasastiningtyas, T. Ratna. 2016. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler.

. Pratama, F. Alvian & Rulirianto. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembelian Motor Honda Brio di Dealer Honda Sukun Malang). JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, Volume 5, Nomor 2, 365-368.

. Purwati, Setiawan, Heri, & Rohmawati. 2012. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Motor Honda Matic Beat (Studi Kasus pada PT Nusantara Solar Sakti). Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi (JENIUS), Vol. 2, No. 3, September 2012.

. Saraswati, R. Agung & Rahyuda, Ketut. 2017. Brand Image Memediasi Kualitas Produk dan Harga dengan Keputusan Pembelian Smartphone Apple di Kota Denpasar. E-jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 6, 3252-3282.

. Sciffman & Kanuk. 2008. Perilaku Konsumen, Edisi 7. Jakarta: Indeks.

. Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Emowendisi 3. Yogyakarta: ANDI.

. Venessa, Ike & Arifin, Zainul. 2017. Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-Bayar Simpati). Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), Vol. 51, No. 1, 44-48.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12518

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 - Fathorrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.