Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Melalui Promosi Penjualan Dan Lokasi Pada Pt Bintang Motor Jaya Jakarta

Eigis Yani Pramularso

Abstract


Perusahaan sebagai penyedia produk terus berupaya membuat konsumen tertarik sehingga mendorong terjadinya keputusan pembelian. Keputusan pembelian diupayakan semakin meningkat diantaranya dengan memberikan promosi penjualan yang sesuai dan menentukan lokasi usaha yang tepat dan strategis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi penjualan dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT Bintang Motor Jaya Jakarta. Pada penelitian ini digunakan data kuantitatif dengan membagikan angket kepada responden yang dituju.  Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling berupa accidental sampling dengan jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 79 responden. Pada penelitian ini analisis regresi digunakan dalam analisis datanya. Penelitian hasilnya menunjukkan promosi penjualan dan lokasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian, promosi penjualan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan tehadap keputusan pembelian, dan lokasi secara parsial berpengaruh positif dan tidak signifikan tehadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada PT Bintang Motor Jaya Jakarta

 

The company as a product provider continues to strive to attract consumers so as to encourage purchase decisions. Purchasing decisions are sought to increase, including by providing appropriate sales promotions and determining the right and strategic business location. The purpose of this study was to determine the effect of sales promotion and location on purchasing decisions for Honda motorcycles at PT Bintang Motor Jaya Jakarta. In this study, quantitative data was used by distributing questionnaires to the intended respondents. The sampling method used is a non-probability sampling technique in the form of accidental sampling with a total sample of 79 respondents. In this study, regression analysis was used in the data analysis. The results of the research show that sales promotion and location simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions, sales promotions partially have a positive and significant effect on purchasing decisions, and location partially has a positive and insignificant effect on purchasing decisions for Honda motorcycles at PT Bintang Motor Jaya Jakarta.


Keywords


Promosi Penjualan, Lokasi, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Abdullah, C. (2018) Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Genesis Coffee. Universitas Pasundan.

Anggraini, C. and Melinda, T. (2018) ‘the Effects of Word of Mouth and Sales Promotion’, Journal of Entrepreneur and Entrepreneurship, 7(1), pp. 19–26.

Chang, A. Y. P. (2017) ‘A Study on the Effects of Sales Promotion on Consumer Involvement and Purchase Intention in Tourism Industry’, Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), pp. 8323–8330. doi: 10.12973/ejmste/77903.

Fure, H. (2013) ‘Lokasi, Keberagaman Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca’, Jurnal EMBA, 3(1), pp. 273–283. doi: 10.1200/JCO.2014.56.8501.

Istanti, F. (2018) ‘Pengaruh Promosi Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Indomaret Kecamatan Genteng Surabaya’, Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 5, pp. 11–16.

Juliandi, A. et al. (2016) Mengolah Data Penelitian Bisnis dengan SPSS. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Kotler, P. and Keller, K. L. (2018) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Indeks.

Prasetio, B. and Rismawati, Y. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Harjagunatama Lestari (Toserba Borma) Cabang Dakota’, Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(2), pp. 57–65. doi: 10.31955/jimea.vol2.iss2.pp57-65.

Priansa, D. J. (2017) ‘Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial’, in. Bandung: Pustaka Setia.

Rizal, F., Adam, M. and Ibrahim, M. (2017) ‘Effect of Price , Design and Location on Decision of Purchase and Its Implication on Customer Satisfaction’, International Journal of Economics, Commerce and Management, V(12), pp. 345–353.

Rohmah, M. and Lubis, E. E. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Situs Jual Beli Online Elevenia’, Jurnal Online Mahasiswa, 5(2), pp. 1–13.

Rossanty, Y., Nasution, M. D. T. P. and Ario, F. (2018) Consumer Behaviour In Era Millennial. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Septiana, A. (2017) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Kreatif. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Yan, R. G. P. S., Repi, A. and Lumanauw, B. (2018) ‘Pengaruh Promosi Penjualan Dan Lokasi Terhadap Proses Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di PT Tridjaya Mulia Sukses Manado’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(1). doi: 10.35794/emba.v6i1.18831.

Ye, L. R. and Zhang, H. (2014) ‘Sales Promotion and Purchasing Intention: Applying the Technology Acceptance Model in Consumer-To-Consumer Marketplaces’, International Journal of Business, Humanities and Technology, 4(3), pp. 1–5. Available at: http://www.ijbhtnet.com/journals/Vol_4_No_3_May_2014/1.pdf.

Zainab, S. (2018) The Influence of Price, Promotion, and Location Toward Customer Decision to Stay at Bossotel Chiangmai Thailand, Faculty of Business Administration. Rajamangala University of Technology Thanyaburi.




DOI: https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i2.12515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eigis Yani Pramularso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.