COMPUTATIONAL MODEL TAHANAN KAPAL UNTUK MENENTUKAN KEBUTUHAN DAYA KAPAL BULK CARRIER 8664 DWT

Erik Sugianto, Arif Winarno

Abstract


Faktor utama dalam menentukan daya mesin kapal adalah tahanan kapal. Umumnya, tahanan kapal dihitung menggunakan percobaan model pada towing tank. Namun biaya yang diperlukan sangat besar. Penelitian ini bertujuan menentukan tahanan total kapal dan memperkiraan kebutuhan daya mesin kapal bulk carrier 8664 DWT. Kapal dimodelkan menggunakan software perkapalan, kemudian perhitungan tahanan kapal dan kebutuhan daya kapal dilakukan. Selain itu dilakukan validasi hasil dengan perhitungan matematis Holtrop dan analisa perbandingan hasil dengan penelitian sebelumnya. Hasil analisa untuk kecepatan dinas maksimal 14 knots menunjukan tahanan total kapal adalah 286. 75 kN dan kebutuhan dayanya adalah 2950.31 kW. Sedangkan dengan perhitungan matematis Holtrop dihasilkan tahanan total 256.59 kN, ini terdapat selisih 10.52% dengan hasil permodelan komputer.

Kata kunci: tahanan, model, daya, kapal


References


Muslihati, 2012. Analisis Biaya Operasi Kapal pada Berbagai Load Faktor Angkutan Perintis, Jurnal ILTEK, Volume 7, Nomer 14, Oktober. Makassar.

Parsons, Michael G. 1998. Parametric Ship Design Chapter 11. Univ of Michigan USA.

Watson, David G.M. 1998. Practical Ship Design Volume 1. Oxford. UK.

Rosmani, A., & Algan, M. (2011). Prediksi Tahanan Kapal Cepat Dolpin Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Teknik Universitas Hasanuddin: Makassar.

Susilo, J. S. J. S. J., & Santoso, A. S. A. S. A. (2014). Simulasi Penggunaan Fin Undership Terhadap Tahanan dan Gaya Dorong Kapal dengan Metode Analisa CFD. Jurnal Teknik ITS, 3(2), G174-G179. ISSN: 2337-3539 (2301-9271). 2013. ITS Surabaya.

Lewis, E. V. (1988). Principles of Naval Architecture: Volume II-Resistance, Propulsion, and Vibration, Vol. 2, 2 edn, Soc. Naval Architects & Marine Engineers.

Sugianto E, Puji H. 2017 “Metode Komputerisasi dalam Penentuan Tahanan Kapal Tanker”. Seminar Nasional Teknik Mesin 2017, Universitas Jember.




DOI: https://doi.org/10.21107/jk.v10i2.3411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.




 INDEXED BY: