Strategi Managemen Krisis Divisi Publicity dan Public Relation - Studi Kasus Penarikan Samsung Galaxy Note 7
Sari
Krisis produk menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap kemampuan bisnis untuk mempertahankan kepercayaan pelanggan dan pengenalan merek. Penarikan kembali Samsung Galaxy Note 7 tahun 2016 adalah salah satu contoh masalah signifikan di sektor teknologi global yang disebabkan oleh kegagalan fungsi baterai yang mengakibatkan gadget tersebut meledak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji rencana manajemen krisis yang digunakan oleh departemen Publisitas dan Hubungan Masyarakat Samsung untuk menangani situasi tersebut. Metodologi kualitatif deskriptif dengan teknik penelitian dokumentasi digunakan, yang melibatkan analisis sumber-sumber sekunder seperti artikel berita, laporan resmi, dan publikasi perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Samsung mengadopsi rencana komunikasi krisis yang mencakup klarifikasi publik, penyelidikan terbuka, penarikan kembali produk secara menyeluruh, kompensasi, dan memperkuat prosedur keselamatan dengan Pemeriksaan Keamanan Baterai 8 poin. Dalam upaya membangun kembali kepercayaan publik, departemen Publisitas dan Humas juga menangkis kontroversi tersebut dengan memperkenalkan produk baru dan memperkuat inisiatif pencitraan merek. Taktik ini berhasil, karena Samsung mampu mempertahankan posisi kompetitifnya di pasar dunia dan memperbaiki reputasi perusahaan dari waktu ke waktu. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa komunikasi yang cepat, transparan, dan terorganisasi sangat penting untuk mencegah kerusakan jangka panjang pada reputasi perusahaan selama tiga tahap krisis: sebelum, selama, dan setelah krisis.
Kata kunci: Menegement Krisis, Samsung Galaxy Note 7, Strategi Publicity dan public Relation.
Referensi
_20241010131051_Kelompok 2 REPUTASI (1). (n.d.).
A Critical Case Report of Samsung Note 7 Recall. (2023). Frontiers in Art Research, 5(11). https://doi.org/10.25236/far.2023.051101
BBC NEWS INDONESIA. (2016, October 14). “Skandal Note 7” sebabkan Samsung merugi Rp70 triliun. BBC NEWS INDOESIA. https://www.bbc.com/indonesia/majalah/2016/10/161014_majalah_bisnis_laba_samsung#:~:text=Pada%20hari%20Jumat%20(14/10,terdampak%20pada%20kuartal%20pertama%202017
Galaxy Note Dihentikan, Stylus S Pen Pindah ke Galaxy S dan Fold? (2020, December 6). Kevin Rizky Pratama, Oik Yusuf. https://tekno.kompas.com/read/2020/12/06/08200067/galaxy-note-dihentikan-stylus-s-pen-pindah-ke-galaxy-s-dan-fold-
Jaelani, E. (n.d.). MANAJEMEN KRISIS KOMUNIKASI (Tinjauan Teoritis dan Praktis). www.freepik.com
Jurgen Habermas. (1991). The Structural Transformation of the Public Sphere. https://books.google.co.id/books?id=e799caakIWoC&printsec=frontcover&hl=id#v=onepage&q&f=false
Lim, J., & Kim, J. H. (2018). Examining Risk Communication of Samsung by Analysing Customer Reaction on Social Media : From Galaxy Note 7 Explosion to Galaxy S8 Relase. 63–71. https://doi.org/10.5121/csit.2018.80306
Loveridge, M. J., Remy, G., Kourra, N., Genieser, R., Barai, A., Lain, M. J., Guo, Y., Amor-Segan, M., Williams, M. A., Amietszajew, T., Ellis, M., Bhagat, R., & Greenwood, D. (2018). Looking deeper into the galaxy (Note 7). Batteries, 4(1). https://doi.org/10.3390/batteries4010003
MANAJEMEN KRISIS: KOMUNIKASI KRISIS DALAM PUBLIC RELATIONS PADA BANK INDONESIA. (n.d.).
Nasiy Al Kaffi. (2025, January 13). Strategi Manajemen Isu Samsung Dalam Menangani Krisis Galaxy Note 7 dan Pemulihan Kepercayaan Konsumen. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/nadiyalkaffi3949/6784618034777c75b04c79b2/strategi-manajemen-isu-samsung-dalam-menanganin-krisis-galaxy-note-7-dan-pemulihan-kepercayaan-konsumen
Samsung. (2016, October 13). Samsung Expands Recall to All Galaxy Note7 Devices. Samsung. https://pages.samsung.com/us/note7/recall/index.jsp
Samsung. (n.d.). PERJALANAN MENUJU DAMPAK YANG BERKELANJUTAN. Csr.Samsung. Retrieved May 25, 2025, from https://csr.samsung.com/id-id/localMain.do
Shih, Y.-Y. (n.d.). Title: How did the explosion of Galaxy Note 7 affect Samsung and its competitors?
Supak Apitanawit, M. R. (n.d.). INFLUENCE OF THE SAMSUNG GALAXY NOTE 7’S BATTERY PROBLEM ON CONSUMER PERCEPTION AND INTENTION TO PURCHASE SAMSUNG SMARTPHONE IN THE FUTURE AN INDEPENDENT STUDY SUBMITTED IN PARTIAL FULFILLMENT OF THE REQUIREMENTS FOR THE DEGREE OF MASTER OF SCIENCE PROGRAM IN MARKETING (INTERNATIONAL PROGRAM) FACULTY OF COMMERCE AND ACCOUNTANCY THAMMASAT UNIVERSITY ACADEMIC YEAR 2016 COPYRIGHT OF THAMMASAT UNIVERSITY.
Yoga Hastyadi Widiartanto. (2016, September 16). “Kepanasan”, 1 juta Galaxy Note 7 Ditarik dari Pasar AS. KOMPAS.Com. https://tekno.kompas.com/read/xml/2016/09/16/12210037/.kepanasan.1.juta.galaxy.note.7.ditarik.dari.pasar.as
Yuliana, L., & Artikel, I. (2022). Pemanfaatan Manajemen Krisis Terhadap Brand Awareness. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 6(2). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v4i1.30336
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.