Praktik Spasialisasi Dalam Industri Line Corporation: Trend Financial Technology
Abstract
LINE Corporation merupakan salah satu perusahaan media komunikasi yang awalnya fokus pada fitur perpesanan instan dan news aggregator. Namun seiring berjalannya waktu perkembangan teknologi komunikasi dan informasi berubah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus penelitian ini pada perkembangan industri media baru yakni LINE Corporation dan fenomena Financial Technology. Melalui analisis ekonomi politik media tren financial technology terbongkar memiliki praktik spasialisasi yang mendominasi geografis Asia khususnya di Indonesia, Korea, Jepang, Thailand dan Taiwan. Tiga klasifikasi utama yang ditemukan adalah; produk dan layanan, afiliasi serta layanan financial technology. Dalam 3 tahun terakhir, financial technology menjadi strategi industri bisnis yang paling menjanjikan. Inilah dampak kerja sama dengan perusahaan kapital yang mampu mendominasi dan menghegemoni pasar. LINE semakin dekat untuk mewujudkan ekosistem digital di Indonesia dengan menerapkan taglinenya ”closing the distance”, sehingga tidak ada lagi jarak dan waktu yang tidak menguntungkan bagi indsutri ini.
Kata kunci: Spasialisasi, Ekonomi Politik Media, LINE Corporation, Financial Technology, New Media
Full Text:
PDFReferences
Adila, I. (2011). Spasialisasi Dalam Ekonomi Politik Komunikasi (Studi Kasus MRA Media). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(1), 93–108.
Cindy Mutia Annur. (2022, 15 Juni ). Jumlah Pengguna Aktif Bulanan Aplikasi Line (2014-2021). Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/15/rekor-lagi-pengguna-aktif-line-tembus-178-juta-pada-2021
Finansialku.com. (2018, 4 Februari). Kisah Sukses Lee Hae Jin, Pendiri Aplikasi LINE, diakses pada 20 Maret 2022 dari https://www.finansialku.com/kisah-sukses-lee-hae-jin-pendiri-aplikasi-Line/
Golding, P., & Murdock, G. (1997). The political economy of the media (Vol. 2). Elgar Cheltenham.
Hidayati, L. F., & Kom, Y. P. A. (2021). SPASIALISASI DALAM INDUSTRI KOMIK DIGITAL: INTEGRASI HORIZONTAL DAN VERTIKAL DALAM LINE WEBTOON.
Kompas.com (2021, 10 Juni), Line Resmi Luncurkan Bank Digital di Indonesia. diakses pada 31 Agustus 2022 dari https://tekno.kompas.com/read/2021/06/10/12373337/line-resmi-luncurkan-bank-digital-di-indonesia?page=2
Kompas.com. (2022, 14 Juni). Line Today Ditutup di Indonesia, Bagaimana Nasib Line Messenger? diakses pada 31 Agustus 2022 dari https://tekno.kompas.com/read/2022/06/14/15000027/line-today-ditutup-di-indonesia-bagaimana-nasib-line-messenger-?lgn_method=google
Lefebvre, H. (1979). Space: social product and use value. Critical Sociology: European Perspectives, 285, 295.
Linebank.co.id (2022), About Hana Bank Indonesia, diakses pada 29 April 2022 dari https://linebank.co.id/en/about-hana-bank
Linecorp.com (2022), About LINE Corporation, diakses pada 30 April 2022 dari https://linecorp.com/en/company/info
Lineman.line.me (2022), About LINE MAN, diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://lineman.line.me/,
Line.worksmobile.com (2022), About LINE Works, diakses pada 29 April 2022 dari https://line.worksmobile.com/jp/en/
McQuail, D. (2012). Teori-Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga.
Mosco, V. (2009). The political economy of communication. The Political Economy of Communication, 1–280.
Nasyaya, M., & Adila, I. (2019). Diversifikasi Dan Kolonialisasi Data pada Line Social Messaging. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 96–104.
Novina Putri Bestari (2022, 7 Juli). Resmi Tutup, Ini Chat Terakhir dari Line Today. Diakses pada 29 Agustus 2022 dari https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220707105751-37-353644/resmi-tutup-ini-chat-terakhir-dari-line-today
Otoritas Jasa Keuangan (2021),Yuk Mengenal Fintech! Keuangan Digital yang tengah Naik Daun, diakses pada 30 April 2022 dari https://sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/10468
Subandi, Z. E., & Sadono, T. P. (2018). Komodifikasi, spasialisasi, dan strukturasi dalam media baru di Indonesia (Ekonomi politik komunikasi Vincent Mosco pada Line Webtoon). National Conference of Creative Industry.
Zulfiningrum, R. (2014). Spasialisasi dan Praktik Konglomerasi Media Kelompok Kompas Gramedia. Jurnal Aspikom, 2(3), 140–153.
DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i1.25724
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VISITORS |
FLAG COUNTER
STATCOUNTER
SITEMAP |
Journal of Social, Culture, and Language
Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162