The Role Of Gesture In Children Memorize
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh gerakan terhadap daya ingat anak, bagaimana anak dapat menghafal hafalan dan beberapa bahasa melalui gerakan. Penelitian ini menggunakan perspektif psikolinguistik untuk mendapatkan informasi tentang memori. Penelitian ini mengambil data dari adik perempuan peneliti yang berusia dua belas tahun. Dari data yang telah dianalisis menunjukkan bahwa gerakan ikonik memiliki pengaruh yang luar biasa terhadap daya ingat anak. Seperti adik peneliti, ia dapat dengan cepat menghafal beberapa kalimat dalam terjemahan bahasa Indonesia dari Surat Al-Ikhlas dan bahkan dapat mengingatnya untuk waktu yang sangat lama. Ini adalah cara mudah bagi anak-anak untuk belajar menghafal sesuatu.
Kata kunci: Daya Ingat Anak, Perspektif Psikolinguistik, dan Gerakan Ikonik
Full Text:
PDFReferences
Feyereisen, P., and de Lannoy, J.-D. (1991). Gestures and Speech: Psychological Investigations. New York, NY: Cambridge University Press.
Fairuzillah, M. N., & Listiana, A. (2021). The Positive Impact of Memorizing the Qur’an on Cognitive Intelligence of Children. Proceedings of the 5th International Conference on Early Childhood Education (ICECE 2020), 538(Icece 2020), 334–338. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.071
Halili, M. (2017). Gestures as a Concrete Paving for Children Language Development. ICON LATERALS 2017 (International Conference on Language, Literature, and Cultural Studies): Promoting Creative Literacy in Digital Age, 2017, 1–7.
Indrayani, N. (2016). Language Development at Early Childhood. International Conference on Education (IECO) Proceeding, 1(July), 279–289.
DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i1.25714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
VISITORS |
FLAG COUNTER
STATCOUNTER
SITEMAP |
Journal of Social, Culture, and Language
Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162