Code Switching Analysis Of Sunnydahyein’s Content “Mega Unboxing Brand Lokal Indonesia! Borong Apa Aja Ya?”

Risqiyati Ramadhani

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menemukan alih kode pada konten Sunnydahyein “mega Unboxing Brand Lokal Indonesia! Borong apa aja ya?”. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendapatkan informasi tentang alih kode dengan menggunakan perspektif sosiolinguistik. Data diambil dari Youtube. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa data yang ditemukan meliputi 4 data alih kode kondisional dan 1 data alih kode metaforis. Data yang paling banyak ditemukan berdasarkan jenis alih kode dari Wardhaugh (2006) adalah alih kode bersyarat. Hal ini karena Sunnydahyein sering mengubah keadaan karena tidak hanya ada satu item yang dibuka. Tidak hanya itu, situasinya banyak berubah saat Sunnydahyein menunjukkan keadaan rumahnya dan saat mengakhiri isinya. Berdasarkan penelitian ini, diharapkan penelitian selanjutnya dapat berkembang lebih baik dan lebih luas dengan penjelasan yang sangat rinci dan jelas.

 

Kata kunci: Alih Kode, Alih kode bersyarat, dan konten Sunnydahyein

Full Text:

PDF

References


Wardaugh, Ronald.(2006). An Introduction to Sociolinguistics, Fifth Edition. Blackwell

Iswanto Wibowo, Ary, et. al.(2017). Analysis of types Code Switching and Code Mixing By The Sixth President Of Republic Indonesia’s Speech At The National Of Independence Day. Progressive: journal of linguistics, literature, and teaching, XII(2), 13-22.

Suardani Silaban,et.al. (2020). “An Analysis of Code-Mixing and Code-Switching Used by Indonesia Lawyers Club on TV One.” JETAFL (Journal of English Teaching as a Foreign Language) 6(3): 1-17.

Azizah Ikhsani, Nurul. (2012).Code Mixing in the Articles of Gogirl! Magazine February,2013 Edition. Lexicon, 1(3), 293-304.

Spolsky, Bernard.(1998). Sociolinguistics. Oxford University Press.




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i1.25713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITORS

 

FLAG COUNTER

Flag Counter

STATCOUNTER

web statistics

 

SITEMAP

Journal of Social, Culture, and Language

Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162

Handphone: +6281356287310

E-mail: jscl@trunojoyo.ac.id