The Application of Multimodal Discourse Analysis on Vehicle Stickers as Promotional Media for Mangrove Ecotourism Development

Lustya Suci Rahayu, Zulkhaeriyah Zulkhaeriyah

Abstract


Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efikasi penerapan analisis wacana multimodal dengan menilai gambar visual dan linguistik dalam media promosi Ekowisata Mangrove. Dengan adanya penerapan ini merupakan upaya untuk mengembangkan Mangrove di Bangkalan Madura melalui stiker kendaraan yang menarik. Penelitian ini menggunakan tata bahasa visual Kress dan Leeuwen (2006) dan struktur generik media promosi Cheong (2004) sebagai kerangka teoritis penelitian, yang memberikan penjelasan yang baik tentang makna reproduksi, makna interaktif, dan makna komposisi wacana gambar, serta struktur generik media promosi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan deskriptif. Penelitian kualitatif berfokus pada data dalam bentuk kata daripada angka. Hasil dari studi ini menyatakan bahwa penerapan analisis wacana multimodal terhadap stiker kendaraan sangat terkonsep dengan baik. Pemilihan objek yang ingin ditampilkan secara mencolok, bahasa promosi yang menarik, dan pemilihan tata bahasa serta warna sangat disesuaikan dengan perkembangan zaman.

 

Kata Kunci: Ekowisata Mangrove,  Analisis Wacana Multimodal, Stiker Kendaraan


Full Text:

PDF

References


Alelo, M., & Lagarens, Y. L. (2022). Efektivitas Penggunaan Bahasa Inggris dalam Media Promosi Pariwisata Likupang Sebagai Destinasi Super Prioritas. Prosiding Seminar Nasional Produk …, 1(2), 55–61. http://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/view/502%0Ahttps://jurnal.polimdo.ac.id/index.php/semnas/article/download/502/372

Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is Qualitative in Qualitative Research. Qualitative Sociology, 42(2). https://doi.org/10.1007/s11133-019-9413-7

Bi, M. (2019). Multimodal discourse analysis of news pictures. Theory and Practice in Language Studies, 9(8). https://doi.org/10.17507/tpls.0908.23

Cheong, Y. Y. (2004). The construal of ideational meaning in print advertisement. In Multimodal discourse analysis: Systemic-functional perspectives.

Fennell, D. (1999). Ecotourism: An introduction. Routledge.

Gorbuleva, M. S. (2023). The Good, Bad Green Colour.Praxema, 166(1–35). https://doi.org/10.23951/2312-7899-2023-1-140-162

Keton, W. (2023). Promotion: Definition In Jobs and How To Ask for One. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/p/promotion.asp

Kim, H., & Jang, J. M. (2022). Disadvantages of red: The color congruence effect in comparative price advertising. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1019163

Kress, G., & Leeuwen, T. Van. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. Routledge.

Kress, G., & Van Leeuwen, T. (2002). Colour as a semiotic mode: Notes for a Grammar of colour. Visual Communication, 1(3). https://doi.org/10.1177/147035720200100306

Nurmala, D. (2020). PENGGUNAAN BAHASA INDOGLISH PADA IKLAN PRODUK DI ERA DIGITAL. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 4(1).

Pellokila, I. R., & Sagala, N. (2019). STRATEGI PENGEMBANGAN EKOWISATA HUTAN MANGROVE DI KAWASAN PANTAI OESAPA. Tourism - Jurnal Pariwisata, 2(1). https://doi.org/10.32511/tourism.v2i1.319

Tuwongkesong, H., Mandagi, S. V, & Schaduw, J. N. (2018). Kajian ekologis ekosistem mangrove untuk ekowisata di Bahowo kota Manado. Majalah Geografi Indonesia, 32(2). https://doi.org/10.22146/mgi.36329

Umiyati, M. (2020). Pemanfaatan Bahasa Iklan Sebagai Penunjang Media promosi di Jalan Akasia. Linguistic Community Services Journal, 1(2). https://doi.org/10.55637/licosjournal.1.2.2669.49-55




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v2i1.22869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITORS

 

FLAG COUNTER

Flag Counter

STATCOUNTER

web statistics

 

SITEMAP

Journal of Social, Culture, and Language

Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162