Diglossia Phenomenon in Kec. Kamal, Kab. Bangkalan Society: A Sociolinguistics Study

Ach. Umar Said

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menemukan fenomena diglosia pada masyarakat Kamal Bangkalan. Metode kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan informasi tentang fenomena penggunaan diglosia dengan menggunakan perspektif sosiolinguistik. Data diambil dari area lapangan di Kamal, Bangkalan. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan beberapa langkah; (1) melakukan wawancara dengan masyarakat setempat dengan memberikan beberapa pertanyaan (2) mengumpulkan data hasil wawancara dengan transkrip hasil perekam, (3) mengidentifikasi data dengan mengelompokkan kalimat dalam kategori mana kalimat tersebut, apakah dalam kategori tinggi (H) atau rendah (L). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kelompok yang berbeda di masyarakat Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Informan memperoleh kelompok tinggi (H) dari orang tua dan sekolahnya. Sedangkan kelompkm rendah (L) didapat dari percakapan sehari-hari dengan teman-temannya. Dari segi leksikonnya, kelompok H dan L hanya memiliki sedikit kesamaan. Serta secara fonologis kelompok H dan L memiliki banyak perbedaan.

 

 

Kata kunci: Diglosia, Kelompok Tinggi, Kelompok Rendah, dan Kamal


Full Text:

PDF

References


Balai Bahasa Provinsi Jawa Timur. (2012). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Madura Yang Disempurnakan. www.balaibahasajatim.org

Ferguson, C. (1959). Ferguson-Diglossia.pdf. In Word (Vol. 15, pp. 325–340).

Simanjuntak, F., Haidir, H., Jundaidi, & Pujiono, M. (2019). Diglossia: Phenomenon and Language Theory. European Journal of Literature, Language and Linguistics Studies, Volume 3(Issue 2), 58–65. https://doi.org/10.5281/zenodo.3365366

Zainudin, S., Kusuma, S. A., & Barijati. (1978). Bahasa Madura. Pusat Pembinaan Dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i2.22585

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITORS

 

FLAG COUNTER

Flag Counter

STATCOUNTER

web statistics

 

SITEMAP

Journal of Social, Culture, and Language

Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162

Handphone: +6281356287310

E-mail: jscl@trunojoyo.ac.id