Halwai’s Struggle Against Injustice Of Indian Caste System In Adiga’s The White Tiger Novel

Anita Rahmah Dewi, Fais Wahidatul Arifatin Wahidatul Arifatin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perjuangan tokoh utama melawan ketidakadilan sistem kasta India yang tercermin dalam novel The White Tiger karya Aravind Adiga. Ini menggambarkan potret kesenjangan sosial yang terjadi menyebabkan masyarakat miskin terpinggirkan. Hal Ini juga menguraikan tentang struktur kelas sosial yang ada dalam masyarakat India dan keadaan yang terkait dengannya. Kajian ini menerapkan teori Marxisme yang berfokus pada struktur kelas sosial yang meliputi Borjuis dan Proletariat, perjuangan kelas dan sistem Kasta India. Karena penelitian ini menerapkan kritik marxis, maka peneliti menerapkan pendekatan author-oriented oleh Mario Klarer untuk mendapatkan data yang memadai. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Balram sebagai representasi keberhasilan kelas bawah melalui kondisi kemiskinan, kastanya melompat dari Sudra ke Ksatria, dan ia mendekonstruksi struktur kelas sosial yang telah tersebar di masyarakat seperti sistem Kasta India. oleh usahanya. Melalui novel ini, Adiga menggambarkan kondisi sosial yang terjadi dalam masyarakat Hindu India. Kemudian, keberhasilan novel ini mengangkat tema kelas sosial sebagai kritikus Kasta India.

 

Kata kunci: Ketidakadilan, Kasta India, Perjuangan


Full Text:

PDF

References


Adiga, A. (2008). The White Tiger. New York: Free Press.

Barry, P. (1995). Beginning Theory: An Introduction to Literary and Cultural Theory. Manchester: Manchester University press.

Bayly, S. (1999). The New Cambridge History of India. Caste, Society, and Politics in India from the Eighteen Century to the Modern Age. United Kingdom: Cambridge University Press.

Booker, M. K. (1996). A Practical Introduction to Literary Theory and Criticism. London: Longman.

Choudhury, M. A. (2015). Bringing ‘India of Darkness’ into Light: A Socio-political Study of Aravind Adiga’s The White Tiger English Language and Literature Studies, 5(1), 1.

Deswal, P. (2014). A Critical Analysis of Aravind Adiga’s The White Tiger: A Socio-Political Perspective Language in India www.languageinindia.com ISSN 1930-2940, 14(12).

DiMartino, N. (2014). Interview with Aravind Adiga, author of The White Tiger. Retrieved from http://universitybookstore.blogspot.com/ website:

Elster, J. (1986). A Introduction to Karl Marx. Cambridge: Cambridge University Press

Greig, A. W., Lewins, F., & White, K. (2003). Inequality in Australia. Cambridge: Cambridge University Press.

Hall, P., & Soskice, D. (2001). Varieties of Capitalism: The Institutional Foundations of Comparative Advantage. Oxford: Oxford University Press.

Lukacs, G. (1971). History and Class Consciousness. Cambridge: The Mit Press.

Marx, K., & Engels, F. (1848). The Communist Manifesto. London: Liverpool Street Bishopsgate.

O'Malley, L. S. S. (1932). Indian Caste and Custom. Cambridge: Cambridge University Press.

Ramani, D. C. V. (2015). Aravind Adiga’s The White Tiger: A Representation of Indian Reality International Journal of English Languange Literature and Humanities, 3(10), 166.

Suseno, F. M. (1999). Teori Kelas” dalam Pemikiran Karl Marx: Dari Sosialisme Utopis ke Perselisihan Revisionisme. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tyson, L. (2006). Critical Theory Today: A User Friendly Guide. New York: Routledge.

Winmayil, B. (2012). Aravind Adiga’s The White Tiger: Odyssey of a chauffeur-turned-entrepreneur in the dark India. Journal of English Language Teaching and Literary Studies, 1(1), 1-7.




DOI: https://doi.org/10.21107/jscl.v1i2.22572

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


VISITORS

 

FLAG COUNTER

Flag Counter

STATCOUNTER

web statistics

 

SITEMAP

Journal of Social, Culture, and Language

Jl. Raya Telang, Telang, Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur 69162

Handphone: +6281356287310

E-mail: jscl@trunojoyo.ac.id