The Role Of Purchase Intention In Mediating The Celebrity Endorser And Brand Image On Purchase Desicion Of Somethinc Product (Study Case On The Gen Z In Bangkalan Regency)

Widya Maharani, Suyono Suyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui purchase intention produk Somethinc pada Gen Z di Kabupaten Bangkalan. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel dari Gen Z di Kabupaten Bangkalan dan diperoleh 102 mahasiswa untuk menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan pengukuran menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS (Smart Partial Least Square) untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli produk Somethinc. Penelitian ini menemukan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap minat beli produk Somethinc, dengan nilai signifikansi sebesar 0,096 > 0,05. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,3005 > 0,05. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Niat pembelian mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Niat pembelian tidak dapat memediasi keputusan pembelian celebrity endorser untuk produk Somethinc dengan nilai signifikansi 0,101 > 0,05. Niat pembelian mampu memediasi citra merek pada keputusan pembelian produk Somethinc dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Abelinda, K. R., Bajari, A., & Mirawati, I. (2024). Peran Label “Tasya Farasya Approved”

dan Respon Kognitif dalam Menentukan Keputusan Pembelian Brand Somethinc.

Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 190-196. https://doi.org/10.62017/arima

Afifah, F. N., Indayani, L., & Pebrianggara, A. (2024). Strategi Daya Tarik Celebrity

Endorser, Trust, an Customer Knowledge on Honda Motorcycle Product Purchase

Decision (Sidoarjo). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7 (2),

-3089. https://tinyurl.com/yc5jnnh9

Alipudin, D., Nursanta, E., & Masitoh, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Celebrity

Endorser dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia.

ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 212-219.

https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1433

Alvionita, S., & Sutedjo, B. (2021). Pengaruh Celebrity endoraement,Brand Image dan

Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk

Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO: Journal of Management

& Business, 4(1), 374-385. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445

Andi, Suyono, Al Hafis, P., & Hendri. (2020). The Effect of Celebrity Endorser, Product

Quality and Product Design on Pelita Indonesia Student’s Buying Interest of Asus

Smartphone. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen , 8(1), 23-36.

Andriani, N., Jannah, M., Andrianingsih, V. (2022). Key determinants of intention to visit halal tourism in Madura. al-Uqud: Journal of Islamic Economics, , 6(2), 220–231. https://doi.org/10.26740/aluqud.v6n2.p220-231

http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index

Arianty, U. D., & Mabrukah, A. K. (2023). Analisis Strategi dan Upaya Pengendalian

Pemerintah Dalam Permasalahan Jasa Titip Barang Luar Negeri. Kultura: Jurnal Ilmu

Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(5), 218-227.

Christiana, I., & Lubis, S. N. (2023). Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Celebrity

Endorser dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. MOTIVASI:

Jurnal Manajemen Dan Bisnis , 8(2), 121-130.

https://doi.org/https://doi.org/10.32502/mti.v8i2.7049

Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.Co.Id.

https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/

databoks. (2024, January 11). Rata-rata Tarif Endorse Seleb Instagram di Indonesia

Berdasarkan Jenis Konten (Kuartal III 2023). Databoks.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/daftar-tarif-endorse-seleb-

instagram-di-indonesia-termahal-rp92-juta

Efendi, M. S. A., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan

Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Nike. Management

Studies and Entrepreneurship Journal, 4 (6), 7114-7123.

http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Faddilla, F. A., Salsabillah, M. T., Zahra, R. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran

Pemasaran Digital dalam Pengembangan Bisnis Pada Brand Somethinc. Neraca:

Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi , 256(4), 256-266.

http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca

Fathurohmah, D., & Santoso, B. (2024). Tasya Farasya’s Personal Branding on Social

Media Instagram. Jurnal Mantik, 8(1), 215-226.

Firmansyah, D., Haryani, Safrina, E., & Diah, M. (2023). Analisis Celebrity Endorsment

terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Shopee dengan Minat Beli

sebagai Variabel Intervening. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 885-889.

https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.674

Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global

Perspective (7th ed.).

Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)

BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8

dalam Riset Bisnis (Abiratno, Nurdiyanti Sofa, & A. D. Raksanagara, Eds.; 1st ed.).

PT Inkubator Penulis Indonesia . www.institutpenulis.id

Jannah, M., Nugroho, S. S., & Gitosudarmo, I. (2019). Peran Keterlibatan Produk Dalam Memoderasi Hubungan Antara Kualitas Layanan Daring Terhadap Kepuasan Daring. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 288–303.

Jannah, M. (2021). ZMOT marketing strategy during the Covid-19 pandemic. In Contemporary Research on Business and Management (pp. 166-169). CRC Press.

Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra

Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli

Sebagai Mediasi (Vol. 1, Issue 4).

Karamoy, T. S. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE

TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA

MANADO. In Bata Ilyas Educational Management Review (Vol. 2, Issue 1).

Katamso, T. H., & sugianto. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience dan

Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli

Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening.

MASMAN: Master Manajemen , 2(1), 165-183.

https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.324

Kompas.com. (2022, June 8). “Founder” Somethinc Ungkap “Susahnya” Produk

Kecantikan Lokal Tembus Pasar di Negeri Sendiri . Kompas.Com.

Kompas.id. (2022, October 25). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus.

Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/10/25/bpom-menilai-industri-

kosmetik-akan-tetap-berkembang

Lestari, M., & Wahyono. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion

on Purchase Decision Through Brand Image Article Information. Management

Analysis Journal, 10(2). http://maj.unnes.ac.id

Limanseto, H. (2024, February 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri

Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan

Blue Economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.

Lubis, P. U., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Product Knowledge

Terhadap Purchase Decision Pada Produk Kosmetik Maybelline Denngan Brand

Image Sebagai Variabel Intervening Di Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama

Dan Ilmu Pengetahuan , 20(2), 164-175. https://doi.Org/https://doi.org/10.25299/al—

hikmah:jaip.2023.vol20(2).14470

Marcella, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth

dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Skincare

Somethinc Di Kota Bekasi. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2775-2790.

https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.903

Martha, L., & Maini, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan

Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha NMax

di CV. Tjahaya Baru Surantih. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan

Kewirausahaan , 2(2), 1172-1192. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2

Megayani, & Marlina, E. (2019). Pengaruh Celebrity Endorsemen terhadap Purchase

Intention melalui Brand Image Sebagai Varabel Intervening (Studi Kasus pada

Geprek Ayam Bensu di Rawamangun Periode 2018). Jurnal Akuntansi Dan

Manajemen, 16(1), 175-193.

Nabillah, A. Z., Taruna, H. I., & Warsono. (2023). Pengaruh Media Sosial Promosi, Variasi

Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc ( Studi

Kasus Pada Gen-Z Di Jabodetabek). J-ADBIS: Jurnal Administrasi Bisnis , 3(2), 64-

Napitupulu, T., Tumbel, A., & Tawas, H. (2023). Minat Beli Sebagai Pemediasi Pengaruh

Brand Image dan Celebrrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Kosmetik Emina (Studi Pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas

Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA , 11(1), 1149-1159.

https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47257

Noviyana, S., Kencanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. I. (2022). Pengaruh Sosial

Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word Of Mouth dan

Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi

Dan Bisnis , 11(1), 906-912. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.794

Nuraini, A., Hartati, R., Ekasasi, S. R., & Nurwen Hari. (2023). Pengaruh Citra Merek dan

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Kalangan Pemuda

Yogyakarta Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi. CAKRAWANGSA BISNIS

, 4(1), 11-26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35917/cb.v4i1.400

Paupi, F. M. D., Apriyanti, & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand

Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel

Intervening (Studi Kasus Konsumen Wardah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Universitas PGRI Madiun). SIMBA .

Pertiwi, D., Hasibuan, E. J., & Auza, A. (2022). Pengaruh Konten Vlog Akun Youtube Tasya

Farasya Terhadap Minat Beli Subscribers. Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 4(1), 34-43.

https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i1.1149

Pratiwi, D. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan

E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum. Ekonomi,

Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 132-140.

https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3885

Pudyaningsih, A. R., Imaduddin, W., Mufidah, E., & Ardiyanti, E. P. (2022). Pengaruh

Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan

Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal EMA: Ekonomi Manajemen

Akuntansi, 7(1), 63-72.

Rahail, Y., Zaini, O. K., & Hasrul. (2024). Analisis Celebrity Endorser (Tasya Farasya)

Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Somethinc (Studi Mahasiswa/Mahasiswi

Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020). NAMARA: Jurnal Manajemen

Pratama , 1(1). https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/index

Rahmawati, A. W., Udayana, I., & Diansepti Maharani, B. (2022). Pengaruh Celebrity

Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan

Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba

Journal , 4(4), 1030-1043. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.1055

Ratnam, D., Salim, E., & Charli, C. O. (2024). Pengaruh Brand Image dan Marketing Mix

terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada

Gemilang Smartphone Andalas. 8(1), 11371-11380.

Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Harga Terhadap

Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.com.

Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181-1187. www.jawapos.com

Rizaty, M. A. (2022, August 5). Pangsa Pasar Influencer di Dunia Capai Rp244,5 Triliun

pada 2022. DataIndonesia.Id.

Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). (51). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa.

INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia , 4(4), 494-505.

www.digimind.id

Sakti, A. T. (2022, September 23). Awal Mula Perseteruan Saudara Kembar Tasyi dan

Tasya Farasya, Syech Zaki Sampai Turun Tangan . Bangkapos.Com.

Sari, S. D. K., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan

Celebrity Endorser dan Promotion di Media Sosial Instagram yang di Mediasi Minat

Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Princess Fazion Malang). Jurnal

Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , 3(8), 8174-8183. http://j-

ptiik.ub.ac.id

Setiawan, T., Hadita, & Komariah, N. S. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Harga Melalui

Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Rawa

Lumbu (Studi Pada E-Commerce Zalora). JRIME: Jurnal Riset Manajemen Dan

Ekonomi, 2(2), 242-261. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2

Sherli, Yuliati, L. N., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived

Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Jurnal Aplikasi

Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 305-317. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305




DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v4i3.26944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.