The Role Of Purchase Intention In Mediating The Celebrity Endorser And Brand Image On Purchase Desicion Of Somethinc Product (Study Case On The Gen Z In Bangkalan Regency)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui purchase intention produk Somethinc pada Gen Z di Kabupaten Bangkalan. Teknik purposive sampling digunakan untuk mengambil sampel dari Gen Z di Kabupaten Bangkalan dan diperoleh 102 mahasiswa untuk menjadi sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner dan pengukuran menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi SmartPLS (Smart Partial Least Square) untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian melalui minat beli produk Somethinc. Penelitian ini menemukan bahwa celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap minat beli produk Somethinc, dengan nilai signifikansi sebesar 0,096 > 0,05. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Celebrity endorser tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dengan nilai signifikansi sebesar 0,3005 > 0,05. Brand image berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Niat pembelian mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Niat pembelian tidak dapat memediasi keputusan pembelian celebrity endorser untuk produk Somethinc dengan nilai signifikansi 0,101 > 0,05. Niat pembelian mampu memediasi citra merek pada keputusan pembelian produk Somethinc dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05.
Full Text:
PDFReferences
Abelinda, K. R., Bajari, A., & Mirawati, I. (2024). Peran Label “Tasya Farasya Approved”
dan Respon Kognitif dalam Menentukan Keputusan Pembelian Brand Somethinc.
Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(4), 190-196. https://doi.org/10.62017/arima
Afifah, F. N., Indayani, L., & Pebrianggara, A. (2024). Strategi Daya Tarik Celebrity
Endorser, Trust, an Customer Knowledge on Honda Motorcycle Product Purchase
Decision (Sidoarjo). COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 7 (2),
-3089. https://tinyurl.com/yc5jnnh9
Alipudin, D., Nursanta, E., & Masitoh, S. (2023). Pengaruh Digital Marketing, Celebrity
Endorser dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tokopedia.
ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 4(2), 212-219.
https://doi.org/10.47065/arbitrase.v4i2.1433
Alvionita, S., & Sutedjo, B. (2021). Pengaruh Celebrity endoraement,Brand Image dan
Customer Review terhadap Purchase Intention (Studi Pada Konsumen Produk
Kecantikan Scarlett Whitening Kabupaten Brebes). SEIKO: Journal of Management
& Business, 4(1), 374-385. https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1445
Andi, Suyono, Al Hafis, P., & Hendri. (2020). The Effect of Celebrity Endorser, Product
Quality and Product Design on Pelita Indonesia Student’s Buying Interest of Asus
Smartphone. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen , 8(1), 23-36.
Andriani, N., Jannah, M., Andrianingsih, V. (2022). Key determinants of intention to visit halal tourism in Madura. al-Uqud: Journal of Islamic Economics, , 6(2), 220–231. https://doi.org/10.26740/aluqud.v6n2.p220-231
http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/PROCURATIO/index
Arianty, U. D., & Mabrukah, A. K. (2023). Analisis Strategi dan Upaya Pengendalian
Pemerintah Dalam Permasalahan Jasa Titip Barang Luar Negeri. Kultura: Jurnal Ilmu
Hukum, Sosial, Dan Humaniora, 1(5), 218-227.
Christiana, I., & Lubis, S. N. (2023). Peran Mediasi Minat Beli Pada Pengaruh Celebrity
Endorser dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. MOTIVASI:
Jurnal Manajemen Dan Bisnis , 8(2), 121-130.
https://doi.org/https://doi.org/10.32502/mti.v8i2.7049
Compas. (2022). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. Compas.Co.Id.
https://compas.co.id/article/brand-skincare-lokal-terlaris/
databoks. (2024, January 11). Rata-rata Tarif Endorse Seleb Instagram di Indonesia
Berdasarkan Jenis Konten (Kuartal III 2023). Databoks.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/daftar-tarif-endorse-seleb-
instagram-di-indonesia-termahal-rp92-juta
Efendi, M. S. A., & Purwanto, S. (2023). Pengaruh Brand Image, Celebrity Endorser Dan
Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Sneakers Nike. Management
Studies and Entrepreneurship Journal, 4 (6), 7114-7123.
http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Faddilla, F. A., Salsabillah, M. T., Zahra, R. A., Hidayat, R., & Ikaningtyas, M. (2024). Peran
Pemasaran Digital dalam Pengembangan Bisnis Pada Brand Somethinc. Neraca:
Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi , 256(4), 256-266.
http://jurnal.kolibi.org/index.php/neraca
Fathurohmah, D., & Santoso, B. (2024). Tasya Farasya’s Personal Branding on Social
Media Instagram. Jurnal Mantik, 8(1), 215-226.
Firmansyah, D., Haryani, Safrina, E., & Diah, M. (2023). Analisis Celebrity Endorsment
terhadap Keputusan Pembelian Pelanggan Online Shop Shopee dengan Minat Beli
sebagai Variabel Intervening. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5(3), 885-889.
https://doi.org/10.37034/infeb.v5i3.674
Hair, J. F., Black, W. C., & Babin, B. J. (2010). Multivariate Data Analysis: A Global
Perspective (7th ed.).
Hamid, R. S., & Anwar, S. M. (2019). STRUCTURAL EQUATION MODELING (SEM)
BERBASIS VARIAN: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8
dalam Riset Bisnis (Abiratno, Nurdiyanti Sofa, & A. D. Raksanagara, Eds.; 1st ed.).
PT Inkubator Penulis Indonesia . www.institutpenulis.id
Jannah, M., Nugroho, S. S., & Gitosudarmo, I. (2019). Peran Keterlibatan Produk Dalam Memoderasi Hubungan Antara Kualitas Layanan Daring Terhadap Kepuasan Daring. Buletin Studi Ekonomi, 24(2), 288–303.
Jannah, M. (2021). ZMOT marketing strategy during the Covid-19 pandemic. In Contemporary Research on Business and Management (pp. 166-169). CRC Press.
Julianto, E. T. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Media Sosial (Instagram) dan Citra
Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Lokal Compass Dengan Minat Beli
Sebagai Mediasi (Vol. 1, Issue 4).
Karamoy, T. S. (2022). PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE
TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOSMETIK MAYBELLINE DI KOTA
MANADO. In Bata Ilyas Educational Management Review (Vol. 2, Issue 1).
Katamso, T. H., & sugianto. (2024). Pengaruh Brand Image, Brand Experience dan
Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Beli
Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kecantikan Scarlett Whitening.
MASMAN: Master Manajemen , 2(1), 165-183.
https://doi.org/10.59603/masman.v2i1.324
Kompas.com. (2022, June 8). “Founder” Somethinc Ungkap “Susahnya” Produk
Kecantikan Lokal Tembus Pasar di Negeri Sendiri . Kompas.Com.
Kompas.id. (2022, October 25). Industri Kecantikan Tanah Air Punya Prospek Bagus.
Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/ekonomi/2022/10/25/bpom-menilai-industri-
kosmetik-akan-tetap-berkembang
Lestari, M., & Wahyono. (2021). The Influence of Celebrity Endorser and Online Promotion
on Purchase Decision Through Brand Image Article Information. Management
Analysis Journal, 10(2). http://maj.unnes.ac.id
Limanseto, H. (2024, February 3). Hasilkan Produk Berdaya Saing Global, Industri
Kosmetik Nasional Mampu Tembus Pasar Ekspor dan Turut Mendukung Penguatan
Blue Economy. Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia.
Lubis, P. U., & Kurniawati, D. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Product Knowledge
Terhadap Purchase Decision Pada Produk Kosmetik Maybelline Denngan Brand
Image Sebagai Variabel Intervening Di Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama
Dan Ilmu Pengetahuan , 20(2), 164-175. https://doi.Org/https://doi.org/10.25299/al—
hikmah:jaip.2023.vol20(2).14470
Marcella, I., Nursal, M. F., & Wulandari, D. S. (2023). Pengaruh Electronic Word Of Mouth
dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Skincare
Somethinc Di Kota Bekasi. JURNAL ECONOMINA, 2(10), 2775-2790.
https://doi.org/10.55681/economina.v2i10.903
Martha, L., & Maini, D. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, dan
Kepercayaan Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha NMax
di CV. Tjahaya Baru Surantih. Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan
Kewirausahaan , 2(2), 1172-1192. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2
Megayani, & Marlina, E. (2019). Pengaruh Celebrity Endorsemen terhadap Purchase
Intention melalui Brand Image Sebagai Varabel Intervening (Studi Kasus pada
Geprek Ayam Bensu di Rawamangun Periode 2018). Jurnal Akuntansi Dan
Manajemen, 16(1), 175-193.
Nabillah, A. Z., Taruna, H. I., & Warsono. (2023). Pengaruh Media Sosial Promosi, Variasi
Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Produk Skincare Somethinc ( Studi
Kasus Pada Gen-Z Di Jabodetabek). J-ADBIS: Jurnal Administrasi Bisnis , 3(2), 64-
Napitupulu, T., Tumbel, A., & Tawas, H. (2023). Minat Beli Sebagai Pemediasi Pengaruh
Brand Image dan Celebrrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian Produk
Kosmetik Emina (Studi Pada Mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Sam Ratulangi Manado). Jurnal EMBA , 11(1), 1149-1159.
https://doi.org/https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.47257
Noviyana, S., Kencanawati, M. S., Anggraini, R., & Gayatri, L. A. I. (2022). Pengaruh Sosial
Media Marketing, Celebrity Endorser, Brand Image, Electronic Word Of Mouth dan
Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah. Jurnal Ekonomi
Dan Bisnis , 11(1), 906-912. https://doi.org/https://doi.org/10.34308/eqien.v11i1.794
Nuraini, A., Hartati, R., Ekasasi, S. R., & Nurwen Hari. (2023). Pengaruh Citra Merek dan
Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Ventela Di Kalangan Pemuda
Yogyakarta Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Mediasi. CAKRAWANGSA BISNIS
, 4(1), 11-26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35917/cb.v4i1.400
Paupi, F. M. D., Apriyanti, & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand
Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel
Intervening (Studi Kasus Konsumen Wardah Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Universitas PGRI Madiun). SIMBA .
Pertiwi, D., Hasibuan, E. J., & Auza, A. (2022). Pengaruh Konten Vlog Akun Youtube Tasya
Farasya Terhadap Minat Beli Subscribers. Ilmu Komunikasi (JIPIKOM), 4(1), 34-43.
https://doi.org/10.31289/jipikom.v4i1.1149
Pratiwi, D. N., & Andriana, A. N. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan
E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum. Ekonomi,
Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 132-140.
https://doi.org/10.47065/ekuitas.v5i1.3885
Pudyaningsih, A. R., Imaduddin, W., Mufidah, E., & Ardiyanti, E. P. (2022). Pengaruh
Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan
Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal EMA: Ekonomi Manajemen
Akuntansi, 7(1), 63-72.
Rahail, Y., Zaini, O. K., & Hasrul. (2024). Analisis Celebrity Endorser (Tasya Farasya)
Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Somethinc (Studi Mahasiswa/Mahasiswi
Universitas Pakuan Bogor Periode 2018-2020). NAMARA: Jurnal Manajemen
Pratama , 1(1). https://namara-feb.unpak.ac.id/index.php/namara/index
Rahmawati, A. W., Udayana, I., & Diansepti Maharani, B. (2022). Pengaruh Celebrity
Endorser, Brand Image, Online Customer Review Dan E-Trust Terhadap Keputusan
Pembelian pada Marketplace Shopee. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba
Journal , 4(4), 1030-1043. https://doi.org/10.47476/reslaj.v4i4.1055
Ratnam, D., Salim, E., & Charli, C. O. (2024). Pengaruh Brand Image dan Marketing Mix
terhadap Keputusan Pembelian melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening pada
Gemilang Smartphone Andalas. 8(1), 11371-11380.
Riskyady, Y. F., & Sulistyowati, R. (2021). Pengaruh Media Sosial dan Harga Terhadap
Keputusan Pembelian Tiket Pertandingan Sepak Bola Persebaya Pada Loket.com.
Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(2), 1181-1187. www.jawapos.com
Rizaty, M. A. (2022, August 5). Pangsa Pasar Influencer di Dunia Capai Rp244,5 Triliun
pada 2022. DataIndonesia.Id.
Rosita, D., & Novitaningtyas, I. (2021). (51). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image
Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah pada Konsumen Mahasiswa.
INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia , 4(4), 494-505.
www.digimind.id
Sakti, A. T. (2022, September 23). Awal Mula Perseteruan Saudara Kembar Tasyi dan
Tasya Farasya, Syech Zaki Sampai Turun Tangan . Bangkapos.Com.
Sari, S. D. K., Mursityo, Y. T., & Herlambang, A. D. (2019). Pengaruh Penggunaan
Celebrity Endorser dan Promotion di Media Sosial Instagram yang di Mediasi Minat
Beli Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Princess Fazion Malang). Jurnal
Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer , 3(8), 8174-8183. http://j-
ptiik.ub.ac.id
Setiawan, T., Hadita, & Komariah, N. S. (2024). Pengaruh Brand Image Dan Harga Melalui
Minat Beli Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Di Rawa
Lumbu (Studi Pada E-Commerce Zalora). JRIME: Jurnal Riset Manajemen Dan
Ekonomi, 2(2), 242-261. https://doi.org/10.54066/jrime-itb.v2i2
Sherli, Yuliati, L. N., & Hasanah, N. (2023). Pengaruh Beauty Influencer dan Perceived
Price Fairness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Jurnal Aplikasi
Bisnis Dan Manajemen, 9(1), 305-317. https://doi.org/10.17358/jabm.9.1.305
DOI: https://doi.org/10.21107/jkim.v4i3.26944
Refbacks
- There are currently no refbacks.