PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL MATERI PROFESI DAN KEWIRAUSAHAAN DI BIDANG TJKT UNTUK SISWA KELAS X TJKT SMK NEGERI 1 KWANYAR

Novita Nuralifah

Abstract


Penggunaan media pembelajaran kelas X TJKT SMK Negeri 1 Kwanyar meliputi Power Point, Alat Peraga, dan Buku Paket. Siswa diharapkan lebih aktif dan belajar mandiri, namun keterbatasan media pembelajaran semakin mempersulit kondisi. Dampaknya, kesalahan pemahaman materi bisa terjadi dan minat belajar siswa menurun karena kebosanan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa komik digital yang layak digunakan bagi siswa kelas X TJKT SMK Negeri 1 Kwanyar. Pengembangan komik digital menggunakan model ADDIE, yang mencangkup lima tahap: (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Komik digital memuat materi profesi dan kewirausahaan di bidang TJKT. Inti dari materi Kewirausahaan (technopreneurship), Profesi (job profile), Sertifikasi Profesi, dan RT/RW Net. Hasil dari penelitian adalah 84% penilaian dari Ahli Media, 94% penilaian dari Ahli Materi, 97% penilaian dari Ahli Konstruk, 92% penilaian dari uji coba perorangan oleh 3 siswa, 84% penilaian dari uji coba kelompok kecil oleh 5 siswa dan 88% penilaian dari uji coba kelompok besar oleh 26 siswa. Media pembelajaran komik digital materi profesi dan kewirausahaan di bidang TJKT ini mendapat respon positif dari peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa komik digital materi profesi dan kewirausahaan di bidang TJKT Layak digunakan sebagai media pembelajaran.


Full Text:

PDF PDF

References


Agustin, S. W., Kusmiyati, K., & Faizin, A. (2023). Pengaruh Media Komik Digital Terhadap Hasil dan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Teks Negosiasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(2), 281–290.

Chusna, N. (2015). Pengembangan Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran PAI Dan Budi Pekerti Siswa Kelas VII SMPN 1 Porong.

Dellia, P., & Amil, A. J. U. (2021). Pengembangan Media Virtual Reality Tentang Perkapalan Dan Strategi Peperangan Laut Dalam Cerita Rakyat Jokotole Pada Pelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Negeri 1 Pasean Pamekasan. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 7(2), 134-142.

Khotimah, N., Ratnawuri, T., & Pritandhari, M. (2021). Pengembangan E-comic Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Kelas Xl SMA Paramarta 1 Seputih Banyak Lampung Tengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(1).

Kustandi, C., Farhan, M., Zianadezdha, A., Fitri, A. K., & L, N. A. (2021). Pemanfaatan Media Visual Dalam Tercapainya Tujuan Pembelajaran. Akademika, 10(02), 291–299. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i02.1402

Megantari, K. A., Gede Margunayasa, I., & Gusti Ayu Tri Agustiana, I. (2021). Belajar Sumber Daya Alam Melalui Media Komik Digital. Mimbar PGSD Undiksa, 9(1), 139–149.

Nafi'a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan multimedia interaktif materi perkembangan kemajuan teknologi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272-281.

Nurvika, R. T., Lamijan, D. H., Susarno, H., & Pd, M. (2020). Pengembangan Media E-Comic Materi Strategi Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Imperalisme Dan Kolonialisme Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IPS Di SMA Sejahtera Surabaya.

Nusroh, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika.

Prianggara, A. F. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran E-comic Pada Materi Listrik Dinamis Kelas IX SMP.

Rahmatullah, D., Suryani, E., Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(4), 179–186.

Simaremare, A., Promono, N. A., Putri, D. S., Mallisa, F. P. P., Nabila, S., & Zahra, F. (2022). Pengembangan Game Edukasi Fisika Berbasis Augmented Reality pada Materi Kinematika untuk Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 203. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i1.4893

Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457