Pemanfaatan Microsoft PowerPoint untuk Meningkatkan Pembelajaran Siswa-Siswi SMK (Studi kasus SMK Darussalam Walisongo Geger, Bangkalan)

Diana Syifah

Abstract


Penggunaan Microsoft PowerPoint dalam Pembelajaran di SMK Darussalam Walisongo sangat penting untuk meningkatkan efektivitas dan menarik perhatian selama proses belajar dan mengajar. Melalui penggunaan fitur-fitur canggih di dalam Microsoft PowerPoint, simulasi, dan interaktivitas pembelajaran diharapkan menjadi lebih efektif dan dapat meningkatkan kualitas pemahaman dan kompetensi siswa, Metode yang diambil dalam penelitian yaitu dengan menggunakan metode pre-test dan post-test. Pre-test digunakan sebagai alat bantu untuk mengetahui tingkat penguasaan siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Sementara post-test adalah cara untuk mengetahui pelajaran yang diberikan dalam mengevaluasi kegiatan. Tujuan diadakannya post-test tentunya untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa selama pelajaran berlangsung.

       Berdasarkan perhitungan peningkatan individual diperoleh bahwa sebanyak 5 siswa (35,71%) mengalami peningkatan dalam kategori tinggi, 8  siswa (57,14%) dalam kategori sedang,  dan 1 siswa (7,14%) dalam kategori rendah. Hal ini menunjukkan bahwa pemakaian Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan pengetahuan siswa, juga membantu dalam memahami materi dengan lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., Harahap, F., & Nurhidayah, S. (2023). Pelatihan Media Pembelajaran Dengan Microsoft Powerpoint Pada Siswa SMK YAPIM. ARDHI: Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 1(6), 06-11.

Anwar, A. N., Fuadi, A. L., Suwarno, J., Yunial, A. H., & Sari, W. P. (2021). Pelatihan Microsoft Office untuk Meningkatkan Kegiatan Pembelajaran pada SMK Panti Karya 3. Jurnal Ilmu Komputer, 4(2), 57- 63.

Fatmariani, F., & Alfasyah, R. (2022). Pelatihan dan Pendapingan jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) SMK Bina Cipta Palembang. Jurnal Pemberdayaan Umat, 1(2), 121-131.

Faradita, M. N. (2018). Pengaruh metode pembelajaran type talking stick terhadap hasil belajar ipa pada siswa kelas 4 sekolah dasar. Jurnal Bidang pendidikan dasar, 2(1A), 47-58.

Indriyani, I., Kurnia, M. D., & Jaja, J. (2022). Pemanfaaatan Microsoft PowerPoint dalam Membuat E- book untuk Mendukung Pembelajaran di Era 5.0. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 89-96.

Latif, A., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving Terhadap Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Eduscience, 7(2), 1-9.

Lubis, I., & Liza, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Komputer Menggunakan Ms. Office 2019 Pada Siswa Di Smk Dwitunggal 1 Tanjung Morawa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 18-25.

Rosdianto, H. (2018). Implementasi model pembelajaran POE (predict observe explain) untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hukum Newton.

Stefany, E. M., Dellia, P., & Khoiroh, M. D. (2024). Pengembangan E-Learning Sistem Komputer Kelas X di SMKN 1 Kwanyar. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 11(1), 65-79.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457