Pengembangan Media Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Desain Grafis di SMPN 1 Bangkalan

Aprilia Maharani

Abstract


Kegiatan belajar mengajar pada mata pelajaran desain grafis di kelas VIII SMPN 1 Bangkalan masih didominasi dengan metode ceramah. Hal ini menyebabkan siswa cepat merasa bosan, kurang bersemangat, dan kesulitan memahami materi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis android yang lebih interaktif dan menarik pada mata pelajaran desain grafis di kelas VIII SMPN 1 Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Model ini terdiri dari beberapa tahap yaitu konsep, perancangan, pengumpulan materi, perakitan, pengujian, dan pendistribusian. Media pembelajaran yang dikembangkan melalui penelitian ini divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dengan hasil validasi sebesar 85% (kriteria sangat valid) dan ahli media dengan hasil validasi sebesar 90% (kriteria sangat valid). Penelitian ini juga melibatkan tiga kali uji coba pengguna yaitu Uji coba perorangan memperoleh skor penyajian media sebesar 92%, Uji coba kelompok kecil memperoleh skor sebesar 89%, Uji coba kelompok besar memperoleh skor sebesar 93%. Hasil validasi dan uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis Android ini sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran desain grafis di kelas VIII SMPN 1 Bangkalan. Media ini diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu mereka memahami materi desain grafis dengan lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Alfiansyah, H., & Priyatna, A. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk mata pelajaran desain grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(1), 45-58.

Buchori, A., & Santoso, B. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran desain grafis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2), 110-125.

Cahyani, L., Arif, M., & Ningsih, F. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Menggunakan Metode Moora (Studi Kasus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan Dan Informatika, 5(2), 108-114.

Faisal, M. (2021, Agustus 14). Media pembelajaran berbasis Android dalam pendidikan. Majalah Pendidikan Indonesia, 18, 34-37.

Hakky, A., Lestari, T., & Darmawan, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk siswa kelas X pada mata pelajaran sistem operasi. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(3), 78-85.

Maharani, S., & Yuliana, D. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran informatika. Jurnal Edukasi Informatika, 7(1), 45-60.

Melfionita, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran mata pelajaran komputer dan jaringan dasar berbasis Android kelas X TKJ. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 5(4), 120-130.

Nafi’a, M. Z. I., Degeng, I. N. S., & Soepriyanto, Y. (2020). Pengembangan multimedia interaktif materi perkembangan kemajuan teknologi pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 272–281.

Sihombing, P., & Surya, H. (2021). Pengaruh penggunaan aplikasi berbasis Android dalam pembelajaran desain grafis. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Desain, 14(2), 56-70.

Sugiyono, M. (2018). Metode penelitian dan pengembangan (R&D). Bandung: Alfabeta.

Wahyu, T., & Utami, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android untuk mendukung pembelajaran desain grafis. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Teknologi, 8(3), 111-118.

Yunita, S. (2020). Pengembangan aplikasi mobile untuk media pembelajaran desain grafis. Jurnal Teknologi dan Pendidikan Digital, 3(1), 24-36.

Zulfa, H., & Widiastuti, D. (2020). Penerapan teknologi mobile dalam pembelajaran desain grafis. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(2), 99-112.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457