Pengembangan Game Edukasi Endless Running Berbasis Desktop Terhadap Motivasi Belajar Pada Materi Gaya Bagi Siswa Kelas IV Di MIN 1 Nganjuk

Lilik Nur Indahsari, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi “E-Run” berbasis desktop guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Validasi dilakukan oleh ahli media dan materi, diikuti uji coba pada 38 siswa kelas IV di MIN 1 Nganjuk, termasuk uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar. Pengumpulan data dilakukan dengan angket dan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi menunjukkan skor 93,3% dari ahli media dan 93% dari ahli materi, yang keduanya masuk dalam kategori “Sangat Valid”. Uji coba respon menunjukkan hasil positif, dengan uji coba perorangan, kelompok kecil, dan kelompok besar mendapatkan total skor 92%. Evaluasi angket motivasi menunjukkan peningkatan dari 74% (pre-test) menjadi 92% (post-test) pada semua kelompok. Dari hasil pengujian ini, dapat disimpulkan bahwa game edukasi “E-Run” efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi gaya.

Kata Kunci:  E-Run, Game Edukasi, Metode Pengembangan ADDIE, Motivasi Peserta Didik, Pembelajaran Materi Gaya


References


Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil

Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46.

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “Petualangan Si Isaac” Berbasis Android pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 08(02), 240–249.

Rachman, A., Prasetyo, B., Arief, R., Ferdiansyah, M. A., & Sulistyowati. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Matematika “Momon Math Run” Berbasis Desktop Menggunakan Model Waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 433–438.

Sutmo, F., Dewanto, B. A., Mucoffa, M. A. M., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. (2023). Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 165–173. https://doi.org/10.52436/1.jpti.286

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 25–34. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpensil

Erfan, M., Widodo, A., Umar, Radiusman, & Ratu, T. (2020). Pengembangan Game Edukasi “Kata Fisika” Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar pada Materi Konsep Gaya. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1), 31–46.

Firdaus, Y. A., & Yermiandhoko, Y. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi “Petualangan Si Isaac” Berbasis Android pada Materi Gaya Kelas IV Sekolah Dasar. JPGSD, 08(02), 240–249.

Rachman, A., Prasetyo, B., Arief, R., Ferdiansyah, M. A., & Sulistyowati. (2019). Pengembangan Aplikasi Game Pembelajaran Matematika “Momon Math Run” Berbasis Desktop Menggunakan Model Waterfall. In Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Terapan, 1(1), 433–438.

Sutmo, F., Dewanto, B. A., Mucoffa, M. A. M., Kurniawan, Y. I., & Wijayanto, B. (2023). Math Runner: Game Edukasi Matematika Untuk Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 165–173. https://doi.org/10.52436/1.jpti.286

Tambunan, M. A., & Siagian, P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Website (Google Sites) pada Materi Fungsi di SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(10), 1520–1533.

Wibawanto, W. (2020). Game Edukasi RPG (Role Playing Game).

Widyastuti, R., & Puspita, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Pada MatPel IPA Tematik Kebersihan Lingkungan. Jurnal Informatika Dan Komputer, 22(1), 95–100. https://doi.org/10.31294/p.v21i2

Windawati, R., & Koeswanti, H. D. (2021). Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1027–1038. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.835

Yakin, R. Q., Suwidra, I. N. P., & Mardana, I. B. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Fisika Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Gerak-Gerak Lurus Beraturn, Berubah Beratun, dan Jatuh Bebas. Jppf, 8(2), 21–30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457