Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android Elemen Sistem Komputer Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game edukasi berbasis Android yang berfokus pada elemen sistem komputer untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). Media pembelajaran ini dirancang sebagai solusi untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep hardware, software, dan bilangan biner dalam pelajaran informatika. Game yang dikembangkan merupakan jenis Role-Playing Game (RPG) platformer, di mana pemain dapat berinteraksi dengan materi pembelajaran melalui tantangan dan soal-soal terkait elemen sistem komputer. Metode yang digunakan dalam pengembangan game ini adalah Game Development Life Cycle(GDLC), yang melibatkan tahap inisiasi, produksi, pengujian, hingga rilis. Uji kelayakan dilakukan di SMP Muhammadiyah 10 Bungah, dengan hasil menunjukkan game ini efektif dan mendapatkan respons positif dari siswa. Pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) memberikan skor 75,75, menandakan bahwa game ini dapat diterima dengan baik dan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu, game edukasi ini berhasil membantu siswa memahami materi elemen sistem komputer secara lebih interaktif dan menarik, serta diharapkan mampu meningkatkan motivasi belajar. Pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan dengan menambah konten dan fitur dalam game untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih bervariasi.
Kata Kunci: Android, Game Edukasi, GDLC, Sistem Komputer
Full Text:
PDFReferences
Chusyairi, Ahmad, Jevitha Setia, Luchia Wibowo, and Alam Kurnia Winata. 2020. Game Gandrung Strories Untuk Edukasi Kebudayaan Menggunakan Metode GDLC. Vol. 1.
Gamal Thabroni. 2020. Media Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Fungsi, Kriteria, Dsb. Serupa.Id. Retrieved October 15, 2024 (https://serupa.id/media-pembelajaran/).
Indonesia, BBC News. 2019. Peringkat Pendidikan Indonesia. BBC News Indonesia. Retrieved October 18, 2024 (https://www.bbc.com/indonesia/majalah-50648395#:~:text=Indonesia berada di papan bawah peringkat pendidikan dunia,%22tertinggal%22 dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei.).
Kurniawan, Edi, Nofriadi Nofriadi, and Andri Nata. 2022. Penerapan System Usability Scale (Sus) Dalam Pengukuran Kebergunaan Website Program Studi Di Stmik Royal. Journal of Science and Social Research 5(1):43. doi: 10.54314/jssr.v5i1.817.
Kurniawan, Ryandra Radifa, Putri Harliana, and Khairunnisa. 2022. Aplikasi Pengenalan Nama Benda Dalam Bahasa Jepang Dengan Metode GDLC Berbasis Android. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Komputer Terapan (JIKSTRA) 4(1):1–11. doi: 10.35447/jikstra.v4i1.457.
Mardita, Meza, Jesi Alexander Alim, Neni Hermita, and Tommy Tanu Wijaya. 2022. Pengembangan Lkpd Stem Berbasis Mikir Materi Periskop. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 11(1):398. doi: 10.24127/ajpm.v11i1.4676.
Nurrita, teri. 2018. Media Pembelajaran Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat 03(01):171–87.
Purwana, Dzikra Surya. 2022. Pendidikan Indonesia Dilihat Dari Kacamata PISA Dan TIMSS. Kompasiana. Retrieved October 18, 2024 (https://www.kompasiana.com/dzikrasp4948/639134ae4addee0d3837c282/pendidikan indonesia-dilihat-dari-kacamata-pisa-dan-timss).
Ramansyah, Wanda. 2018. Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Bangkalan: UTM Press.
Wibawanto, Wandah. 2020. Game Edukasi RPG (Role Playing Game). edited by W. Wibawanto. LPPM UNNES.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457