Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Scaffolding Untuk Menumbuhkan Kemampuan Numerasi Materi Gerak Lurus
Abstract
Pembelajaran IPA yang rumit dan banyak perhitungan membuat peserta didik sulit memahami materi. Maka dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran seperti multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif berbasis scaffolding yang layak untuk digunakan sebagai penunjang dalam belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Bangkalan. Penelitian ini menggunakan model penelitian ADDIE dengan beberapa tahapan diantaranya Analysis (Analisis), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Penelitian ini menghasilkan sebuah media pembelajaran multimedia interaktif berbasis scaffolding dengan perolehan penilaian dari ahli materi 95% kriteria sangat valid, ahli media 92.5% kriteria sangat valid, dan ahli konstruk 93.3% kriteria sangat valid. Hasil penelitian respon peserta didik mengenai multimedia interaktif adalah dari penyajian media multimedia interaktif uji coba perorangan dihasilkan nilai keseluruhan sebanyak 91%, dimana persentase media sebesar 89.5% dan penyajian kemampuan numerasi dihasilkan 95.5%. Hasil uji coba pada kelompok kecil dihasilkan nilai keseluruhan sebanyak 94%, pada media sebesar 88.3% dan penyajian kemampuan numerasi dihasilkan 94%. Kemudian hasil uji coba kelompok besar dihasilkan nilai keseluruhan sebanyak 93%, pada penyajian media sebesar 88% dan penyajian kemampuan numerasi dihasilkan 89.3%, semuanya dengan kriteria sangat layak. Sehingga media pembelajaran multimedia interaktif berbasis scaffolding pada materi gerak lurus layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Azni, A (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi FIRUS ( Fisika Rumus) Berbasis Scaffolding Untuk Peserta Didik SMA. Skripsi.
Tegeh, I.M. et al. (2014). Buku Model Penelitian Pengembangan.Yogyakarta: Graha Ilmu
Cahyani, L. N., Shodiq, L. J., & Agustin, D. R. (2022). Kemampuan Literasi Matematika Siswa dalam Memecahkan Soal TIMMS Konten Aljabar Ditinjau dari Pengetahuan Metakognitif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 5(1), 31–51. https://doi.org/10.30762/f_m.v5i1.646
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1(1). 170-176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Febrianti, E., Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif “SCRIBER” untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 19(2), 275. https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3005
Indrawan, I. et al, (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Pekanbaru: Pena Persada.
Indrawati. N. L (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fun Thinkers Book Berbasis Numerasi Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Peserta didik Kelas I Sekolah Dasar. Skripsi.
Jannah, M., Copriady, J., & Rasmiwetti, R. (2019). Development of Interactive Learning Media using Autoplay Media Studio 8 for Colloidal Chemistry Material. Journal Of Educational Sciences, 3(1), 132. https://doi.org/10.31258/jes.3.1.p.132-144
Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud. (2021). Panduan Penguatan Literasi dan Numerasi di Sekolah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mudlofir, A. Dan Rusydiyah, E. F. (2021). Desain Pembelajaran Inovatif. Depok: Raja Grafindo Persada.
Mustofa, H., et al, (2021). Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Belajar Peserta didik. Jurnal Al Fatih, 1(1). 42-52. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/ALF
Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i1.197
Nandita Apsari, P., & Rizki, S. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Android Pada Materi Program Linear. 7(1).
Nugroho, D. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar Di Smk Negeri 1 Bansari Temanggung.
Nurhayati, E. (2017). Penerapan Scaffolding Untuk Pencapaian Kemandirian Belajar Peserta didik. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 3(1), 21–26. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i1.197
Puspitasari, P., Hamzah, A., & Tastin, T. (2022). Development Of Cultural Diversity Subtheme Teaching Materials For Class Iv To Increase The Effectiveness Of Thematic Learning Based On Local Wisdom In Bangka Barat. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 9(2), 217–227. https://doi.org/10.24252/auladuna.v9i2a8.2022
Rizkiani. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Sma Negeri 3 Gowa. Skripsi.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Widayat, W., & Sukaesih, S. (2014). Unnes Science Education Journal Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Ipa Terpadu Pada Tema Sistem Gerak Pada Manusia. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457