Pengembangan Bahan Ajar Digital IPA Interaktif Berbasis Articulate Storyline untuk Peningkatan Hasil Belajar

Mochammad Yasir, Sigit Dwi Saputro

Abstract


Bahan ajar berperan penting dalam proses pembelajaran IPA untuk menentukan hasil belajar siswa secara mandiri. Sangat penting bagi guru untuk menciptakan bahan ajar IPA yang interaktif, inovatif, kreatif dan mengikuti perkembangan zaman. Penting bagi siswa dalam kemandirian belajar perlu belajar memanajemen dan meregulasi strategi belajarnya sendiri menggunakan bahan ajar. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan bahan ajar IPA interaktif berbasis articulate storyline terintegrasi self-regulated learning terhadap hasil belajar. Penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian diperoleh validasi produk pengembangan sangat valid dengan persentase 91,07% dari ahli materi dan 92,06% dari ahli media. Dari hasil kepraktisan dikategorikan sangat  praktis dengan persentase 98,64% dari respon siswa. Dari hasil keefektifan dikategorikan sangat tinggi berdasarkan hasil ketuntasan yang meningkat dari 35,40% menjadi 84% dan perolehan N-gain sebesar 0,74

References


Aghni, R.I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1), 98-107.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Anitasari, R. W., & Utami, R. D. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5926–5935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3167

Arsiyah, F., & Fajar, K. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Secara Online Terhadap Literasi Informasi Siswa SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 641. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3558

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Chusni, M.M., Sadikin, M.A., Farida, H.R. (2021). Strategi Belajar Inovatif. Surakarta: Pradina Pustaka.

Djamen, A. C., Rompas, P. T. D., & Ratumbanua, M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 65–76. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i1.3389

Gani, R. A., Purnamasari, R., & Mujahidah, F. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING. 5(2), 170–174. http://journal.ummat.ac.id/index.php/elementary

Hafidha, I. Z., Fauziyah, N., & Suryanti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Untuk Meningkatkan Self-Regulated Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 205–216. https://doi.org/10.30738/union.v10i2.12529

Hamid, M.A., Afrikani, T., & Yani, I. (2020). Media Pembelajaran. Bogor: Yayasan Kita Menulis.

Husain, R., & Ibrahim, D. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Articulate Storyline Di Sekolah Dasar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1365. https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1365- 1374.2021

Indriani, S. M., Artika, W. I., & Ningtias, W. R. D. (2021). Penggunaan Aplikasi Articulate Storyline Dalam Pembelajaran Mandiri Teks Negosiasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 25–36. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/arti cle/view/29316/pdf

Jannah, D. R. N., & Atmojo, I. R. W. A. (2022). Learning IT: Where Do Lecturers Fit? International Journal of Information and Communication Technology Education (IJICTE), 1(3), 36–46. https://doi.org/10.4018/jicte.2005070103

Marlina, L. (2020). Kajian Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 1(2), 56-61.

Muthoharoh, V., & Sakti, N. C. (2021). Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Untuk Pembelajaran IPS Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 364–375. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.315

Nissa, N.A., Safitri, R.C.D.S., Aryungga, S.D.E. (2019). Miskonsepsi IPA SMP pada Topik Atom, Ion, dan Molekul. Seminar Nasional Pendidikan Sains 2019, Bangkalan, Jawa Timur, 16 Januari 2023.

Nurmala, S., Triwoelandari, R., & Fahri, M. (2021). Pengembangan Media Articulate Storyline 3 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEM untuk Mengembangkan Kreativitas SiswaSD/MI Siti Nurmala 1 , Retno Triwoelandari 2 , Muhammad Fahri 3. Jurnal Basicedu, 5(6), 5024–5034. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1 546/pdf

Riduwan. (2023). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Ristiani, S.M., Triwoelandari, R., & Yono. (2021). Pengembangan Media Lectora Inspire Versi 12 pada Pembelajaran IPA Berbasis STEAM Untuk Menumbuhkan Karakter Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 5(1), 30-40.

Suardi, R. D. (2021). Development of Emulsi (electronic module practicum articulate storyline 3) to Support Self-Regulated Learning of Students Electronic Practicum Module Self-Regulated. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jese.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yunita, N. & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Pembelajaran Daring. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(3), 378-385.

Zimmerman. (2013). Self-Regulated Learning 1.1. https://repositori.uma.ac.id/bitstream/123456789/8 48/5/121804052_file 5.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457