Efektivitas Game edukasi pada Materi Suhu sebagai Media Belajar Siswa SMA
Abstract
Pembelajaran fisika yang rumit dan banyak perhitungan membuat siswa sulit memahami materi. Maka dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran seperti media game edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game edukasi pada materi suhu yang layak untuk digunakan sebagai penunjang dalam belajar siswa kelas XI IPA di SMAN 1 Menganti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas berupa daya tarik game edukasi bagi siswa dan kemudahan game edukasi sebagai media untuk belajar suhu bagi siswa. Metode penelitian ini deskriptif kuantitatif, yaitu mendeskripsikan hasil penelitian setelah dianalisa secara kuantitatif. Jumlah responden yang menggunakan game edukasi sebanyak 35 siswa SMA. Instrumen penelitian ini menggunakan angket respon siswa terhadap gam edukasi. Hasil penelitian diperoleh hasil bahwa daya tarik game edukasi bagai siswa diperoleh persentase 81% termasuk dalam kategori sangat baik dan rerata tingkat kemudahan dalam belajar mampu mencapai 87%. Dengan demikian gama edukasi efektif sebagai media belajar siswa SMA pada materi suhu. Namun pada kemudahan belajar siswa pada indikator kemudahan dalam memahami konsep hanya mencapai 67% perlu ditingkatkan melalui penyajian materi yang tepat.
Full Text:
PDFReferences
Ariyanto, A., Handayani, R. D., & Supriadi, B. 2016. Seminar nasional pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 1, 568–575. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/3614
Atika, A., Kosim, K., Sutrio, S., & Ayub, S. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 13– 17. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.381
Cahyono, H. 2015. Pendidikan Jasmani dan rohani. Masyarakat dan Pendidikan . 3(2), 5–12.
Dewi, A. R., Isnanto, R. R., & Martono, K. T. (2015). Aplikasi Multimedia sebagai Media Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Materi Budaya di Indonesia menggunakan Unity Engine untuk Sekolah Dasar. 3(4), 471–480.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. 2021. Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384– 2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Kirom, A. 2017. Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. 3, 69–80.
Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. 2020. Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game edukasi Digitalsebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X Pada Materi Animalia. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3276
Masykhur, M. A., & Risnani, L. Y. 2020. Pengembangan Dan Uji Kelayakan Game edukasi Digital Sebagai Media Pembelajaran Biologi Siswa Sma Kelas X Pada Materi Animalia. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 11(2), 90. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v11i2.3276
Permendikbud. 2016. Permendikbud Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Https://Peraturan.Bpk.Go.Id/Details/224242/Permendikbud-No-22-Tahun-2016, 53(9), 1689– 1699.
Ramadhan, H. F., Sitorus, S. H., Rahmayuda, S., Rekayasa, J., Komputer, S., & Informasi, J. S. (2019). Game edukasi pengenalan budaya dan wisat Kalimantan Barat menggunakan metdoe Coding : Jurnal Komputer dan Aplikasi. 07(1), 108–119.
Risnani, L., & Adita, A. 2018. Game edukasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar Perserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA. Game edukasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Belajar
Saputro, S. D., Dellia, P., Admoko, S., & Andreani, A. D. P. 2023. Analisis Penggunaan E-Modul berbasis Multiple Representation terhadap Minat dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). Perserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA, 376–384.
Sari, W. M., Riswanto, R., & Partono, P. (2019). Validitas Mobile Pocket Book Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Pada Materi Suhu Dan Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 35. https://doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5728
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 88, 90–92.
Wafiq, K., Rosyid, H., Kristari, A., & Sukmana, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Model Prototype. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 6(2), 448–456. https://doi.org/10.29100/jipi.v6i2.2470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457