Pengembangan Media Pembelajaran Trainer "Fanila" Pada Materi Sistem Sensor Kelas X TKJ Di SMK Negeri 3 Bangkalan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Trainer Sistem Sensor "FANILA" untuk peserta didik kelas X TKJ di SMK Negeri 3 Bangkalan yang memenuhi kriteria baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Proses pengembangan media pembelajaran trainer "FANILA" pada materi sistem sensor menggunakan metode ADDIE. Diawali tahap analisa yang dilaksanakan untuk mendapatkan informasi terkait masalah yang dihadapi. Kemudian membuat rancangan bahan dan alat apa saja yang akan diimplementasikan pada trainer sistem sensor ini. Pada tahap ini juga diperhitungkan tata letak dari 10 sensor, output device, dan processing device termasuk tempat penyimpanan sensor di dalam cover dan juga rangkaian sensor. Langkah selanjutnya adalah mengembangkan produk dan melakukan validasi dengan lembar instrumen ahli media, ahli materi dan ahli bahasa. Hasil validasi ahli media trainer ini mendapatkan persentase validasi adalah 94,6% dan dapat diartikan bahwa media pembelajaan sangat layak digunakan. Hasil validasi ahli materi trainer ini mendapatkan persentase validasi adalah 99% dan dapat diartikan bahwa media pembelajaan sangat layak digunakan. Hasil validasi ahli bahasa trainer ini mendapatkan persentase validasi adalah 96% dan dapat diartikan bahwa media pembelajaan sangat layak digunakan Hasil uji perorangan trainer ini mendapatkan persentase 97% dan uji kelompok kecil trainer mendapatkan persentase 91,6% serta uji kelompok besar trainer mendapatkan persentase 87,1%. Dari semua pengujian dapat ditarik kesimpulan bahwa media yang dikembangkan memenuhi kriteria layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Ainun Jariyah, & Suryono. (2020). Pengembangan Trainer Sensor Pada Mata Pelajaran Sensor Dan Aktuator Kelas Xi Program Keahlian Elektronika Industri SMKN 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Elektronika, 9(1), 12–18.
Akbar, S. (2022). Instrumen Perangkat Pembelajaran (6th ed.). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z., & Zuhrie, S. (2016). Pengembangan Trainer Dan Jobsheet Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Perekayasaan Sistem Kontrol Di Jurusan Elektronika Industri Smk Negeri 1 Bangil. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 383–388.
Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran (21st ed.). Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Haq, E. S., & Yuliandoko, H. (2014). Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Di Smk Negeri Banyuwangi. Semnasteknomedia Online, 2(1), 1–11.
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan. (2021). Keputusan Kepala Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 029/H/Ku/2021 Tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Pada Program Smk Pusat Keunggulan. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan Dan Perbukuan, 1–318.
Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI Nomor 20 Tahun 2003). Sekretariat Negara Indonesia, pp. 1–57. Jakarta.
Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah tentang standar nasional pendidikan dengan (PP no. 19 tahun 2005). Sekretariat Negara Indonesia, pp. 1–95.
Qomarudin, A. (2021). Aktivitas pembelajaran sebagai suatu sistem. PIWULANG: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 24–34.
Rahmadiyah, I., & Sumbawati, M. S. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Elektronika Digital Untuk Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(1), 145–152.
Ramadhany, A., Hatta, P., & Maryono, D. (2019). Pengembangan trainer wallnet sebagai media belajar dalam mempersiapkan uji kompetensi keahlian Jurusan TKJ di SMK Negeri 1 Sawit. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 6(1), 26–30.
Ramansyah, W. (2022). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran. Surabaya: Pondok Pesantren Jagad ’Alimussirry(IKAPI).
Ratnasari, K. I., & Maasrukhin, A. R. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109.
Royan, V. A., Sulistyo, E., Suprianto, B., & Sumbawati, M. S. (2022). Pengembangan Trainer Palang Perlintasan Kereta Api Dan Pelican Crossing Berbasis Arduino Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Pemrograman, Mikroprosesor Dan Mikrokontroler Kelas Xi Tav Di Smkn 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(75), 471–478.
Septiani, I., Lesmono, A. D., & Harimukti, A. (2020). Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem Pada Materi Vektor Di Kelas X Mipa 3 Sman 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 9(2), 64–70.
Siti Wahyuni. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 1349–1358.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Supriyana, N., Permata, E., & Fatkhurrokhman, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Trainer Mikrokontroller Atmega 16 Di Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektro. Taman Vokasi, 7(2), 150.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media pembelajaran inovatif dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Education and Informatics Research
Pendidikan Informatika
Universitas Trunojoyo Madura
Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162
jedumatic@trunojoyo.ac.id
Tlp. 085226190457