Pengembangan Media Buku Pop Up Berbantuan Augmented Reality pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar

Roy Wahyu Noviyanto, Medika Risnasari, Laili Cahyani

Abstract


Kegiatan pembelajaran yang dikakukan di SMK Tunas Bangsa Geger pada mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dilakukan secara konvensional dengan buku paket sehingga siswa tidak mengetahui bentuk nyata dari perangkat komputer. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengembangkan produk buku Pop Up berbantuan Augmented Reality serta mengetahui kelayakan berdasarkan hasil validitas ahli dan kepraktisan buku Pop Up berbantuan Augmented Reality. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil angket validasi ahli media dengan indikator angket kesesuaian, efisiensi, dan kemampuan media dalam mengembangkan keaktifan memperoleh skor 81%. Sedangkan angket ahli materi dengan indikator Relevansi materi dan kesesuaian bahasa memperoleh skor 95% kategori “Sangat Valid”. Hasil uji coba kelompok kecil sebanyak 5 responden diperoleh hasil sebesar 85% dan uji coba kelompok besar sebanyak 23 responden diperoleh hasil sebesar 86% dengan kategori “sangat praktis”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku Pop Up berbantuan Augmented Reality yang dikembangkan sangat valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah.

Enzai, N. I. M., Ahmad, N., Ghani, M. A. H. A., Rais, S. S., & Mohamed, S. (2020). Development Of Augmented Reality (Ar) For Innovative Teaching And Learning In Engineering Education. Asian Journal Of University Education, 16(4), 99–108. Https://Doi.Org/10.24191/Ajue.V16i4.11954

Ihsan, H. F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Penerbit Rineka Cipta.

Isharyadi, R., & Ario, M. (2019). Praktikalitas Dan Efektivitas Modul Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra Bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika.

Kurniawan, M. H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Ar “Augmented Reality” Pada Materi Sistem Tata Surya Kelas 6 Sd.

Murfi, M. S., & Rukun, K. (2020). Pengembangan Rancangan Media Pembelajaran Augmented Reality Perangkat Jaringan Komputer. Invotek: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 69–76. Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V20i1.702

Raharjo, N. E., & Pitaloka, G. K. (2020). Pengembangan Media Pelajaran Berbasis Aplikasi Android Dengan Augmented Reality Untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Kontruksi Gedung, Sanitasi Dan Perawatan Di Smk Negeri 1 Seyegan.

Shirazi, A., & Behzadan, A. (2013). Assessing The Pedagogical Value Of Augmented Reality-Based Learning In Construction Engineering 1.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya (P. Latipah, Ed.). Remaja Rosdakarya.

Wati, D. K., Saragih, S., & Murni, D. A. (2022). Kevalidan Dan Kepraktisan Bahan Ajar Matematika Berbantuan Fliphtml5 Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas Viii Smp/Mts Pada Materi Koordinat Kartesius. In Journal For Research In Mathematics Learning) P (Vol. 5, Issue 3).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457