Pengembangan Media Pembelajaran Game Tebak Gambar Berbasis Android pada Mata Pelajaran Informatika

Nahdya Afkarina, Etistika Yuni Wijaya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran game tebak gambar berbasis android sebagai pendukung dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa lebih optimal untuk memahami materi Algoritma dan Pemrograman. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Sa’idiyah dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil dari penelitian ini diperoleh hasil validasi ahli materi sebesar 78,46% dengan kategori “valid” dan hasil ahli media sebesar 92,00% dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan hasil uji coba pengembangan yaitu uji coba perorangan sebanyak 3 responden diperoleh hasil sebesar 90,30%, uji coba kelompok kecil sebanyak 6 responden diperoleh hasil sebesar 88,57%, dan uji coba kelompok besar sebanyak 20 responden diperoleh sebesar 86,36% dengan kategori “layak”. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game tebak gambar berbasis android dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. www.rajagrafindo.co.id

Astuti, I. A. D., Sumarni, R. A., & Saraswati, D. L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Mobile Learning berbasis Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(1), 57. https://doi.org/10.21009/1.03108

Azwar, A., Hamria, H., & Kaharu, M. N. S. (2020). Game Edukasi Pengenalan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Berbasis Android. Jurnal Ilmiah Informatika, 8(02), 141–150. https://doi.org/10.33884/jif.v8i02.2481

Fitriyani, L. A. (2020). Pengembangan Media Game Undercover Berbasis Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Tata Surya Mata Pelajaran Ipa Kelas Vi Sekolah Dasar. 08, 12.

Mulyana, H., & Maimunah. (2014). Aplikasi Mobile Kamus Istilah Komputer Berbasis Android. 8.

Ramansyah, W. (2018). Model-Model Pengembangan Media Pembelajaran.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457