Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Discovery Learning pada Materi Algoritma Pemrograman untuk Siswa SMK

Ufa Maihsia, Medika Risnasari, Etistika Yuni Wijaya

Abstract


Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa berbasis discovery learning pada materi algoritma pemograman yang valid dan praktis. Subjek penelitian ini adalah kelas X SMK Tarbiyatul Banin Banat. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Develop dan Disseminte). Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Hasil kevalidan media yang dilakukan oleh 3 validator yaitu validasi ahli media memperoleh 91%, ahli materi memperoleh 82% dan ahli desain pembelajaran memperoleh 91,4% dari ketiga validasi dirata-rata memperoleh presentase sebesar 88,1% dengan kriteria sangat valid; (2) Hasil kepraktisan media penilaian oleh guru memperoleh presentase sebesar 92,8% dan penilain siswa memperoleh presentase sebesar 84,8% dari kedua penilaian diratarata memperoleh presentase sebesar 88,8% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran lembar kerja siswa (lks) berbasis discovery learning yang dikembangkan dengan kriteria valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Fitriyana, Nur, dkk. 2020. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery Learning”. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3, No.1

Jai Jailani. Laras, S. 2019. Pengembangan Bahan Ajar LKS. Makalah. pp 10

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: DIVA Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Lilis. 2017. Validitas dan Kepraktisan LKS Berbasis Discovery Learning pada Materi Sistem Pencernaan. Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6 No. 2. pp 80-81.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif dan kontektual. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Education and Informatics Research 

Pendidikan Informatika

Universitas Trunojoyo Madura

Jl. Raya Telang, Kamal - Bangkalan 69162

jedumatic@trunojoyo.ac.id

Tlp. 085226190457